|
Menu Close Menu

Menjelang Setengah Abad

Sabtu, 06 Maret 2021 | 14.42 WIB



Oleh : Moch Eksan 


Tetiba ada seorang mahasiswa memberikan hadiah foto kepada saya. Di usia Ke-46 ini, terasa usia kronologis, usia mental dan usia biologis sudah tak muda lagi. 4 tahun lagi sudah kepala 5.


Banyak kisah sudah ditoreh, banyak cerita mengemuka,  banyak hikmah yang dipetik dari sebuah perjalanan. Bahwa hidup ini sejatinya menuju kematian. 


Hujjatul Islam Imam Al-Ghazali mengemukakan bahwa kematian merupakan "tidur panjang". Saat rehat dari hiruk pikuk dunia. Sebuah kenikmatan tidur yang penuh dengan mimpi-mimpi indah. 


Setiap manusia punya mimpi dalam hidup. Sudah banyak mimpi yang sudah terwujud namun juga lebih banyak yang belum. Di sisa usia ini, waktu tersedia untuk mewujudkan mimpi-mimpi tersebut. 


Sewaktu masih di MI dulu pernah bermimpi menjadi anggota parlemen, alhamdulillah sudah pernah  menjalani 1 periode. Plus sebelumnya pernah menjadi Anggota KPU. 


Sewaktu di MTs pernah bermimpi menjadi  penyeru agama, bersyukur pernah mengasuh Pesantren Kiai Ageng Besari Kertosari Ponorogo, Pesantren Mahasiswa Nurul Islam 2 Mangli Jember, Padepokan Aziziyah Sadeng Leuwiliang Bogor, dan Eksan Institute. 


Sewaktu, jadi mahasiswa IAIN, bermimpi jadi pengajar, berterima kasih pernah mengabdi sebagai guru di SMK Walisongo Rambipuji, MA Miftahul Ulum Suren, MAN 1 Jember, serta dosen di IAIN Jember dan UIJ. 


Sekarang, saya menyadari bahwa meraih mimpi lebih mudah daripada mempertahankannya. Perjalanan santri kelana ini akhirnya harus berlabuh pada jalan pengabdian partai politik. Sebuah ikhtiar untuk memberikan manfaat bagi sesama.


Dari hati yang paling dalam, warna warni hidup ini saya akui tak mungkin terlukis oleh Eksan pribadi sebagai insan yang dhaif. Tapi semua berkontribusi untuk membesarkan ajaran khairunnas anfa'uhum linnas. 


Terima kasih kepada bapak ibu, para masyayikh Suren dan Sempolan, para dewan guru, teman sekolah dan kuliah, sahabat seperjuangan, para pendukung serta masyarakat Jember Lumajang. 


Eksan tak punya arti tanpa kalian. I love you full, I love you full, I love you full. I love you so much.


Jember, 5 Maret 2021

Bagikan:

Komentar