|
Menu Close Menu

Perjuangkan Syaikhona Kholil Menjadi Pahlawan Nasional, Fraksi Nasdem DPR RI Gelar Seminar

Sabtu, 20 Maret 2021 | 17.38 WIB

Hasan Aminuddin, Ketua Bidang Agama dan Masyarakat Adat DPP Partai Nasdem usai mengisi Seminar Nasional " Syaikhona Kholil Guru Para Pahlawan" di Surabaya (Dok/Lim)


lensajatim.id
Surabaya-
Fraksi Nasdem DPR RI mengusulkan Syaikhona Kholil Bangkalan, Madura menjadi Pahlawan Nasioanal. Sebagai salah satu upaya agar gelar pahlawan itu segera dianugerahkan, Fraksi NasDem menggelar Seminar Nasional  "Syaikhona Kholil Guru Para Pahlawan"  yang digelar Partai Nasdem di Hotel Mercure Surabaya, Sabtu (20/03/21)


Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel, dalam sambutannya, mengatakan kegiatan seminar ini merupakan salah satu dari rangkaian tahapan yang dilakukan Partai Nasdem untuk memperjuangkan Syaikhona Kholil mendapatkan gelar sebagai Pahlawan Nasional. 


Untuk itu, pihaknya mengajak semua komponen Bangsa agar ikut memperjuangkan gelar pahlawan untuk Syaikhona Kholil Bangkalan.


"Ini harus menjadi upaya bersama semua komponen bangsa,  sebab beliau adalah guru dari banyak pahlawan dan waliyullah di Republik,” tandasnya.


Hal Senada juga disampaikan oleh Hasan Aminuddin, Anggota DPR RI dari Farksi Nasdem,  karena jasa dan kontribusi Syaikhona Kholil pada Bangsa dan Negara sangat besar, bahkan merupakan guru dari pada para pahlawan di Negeri ini, maka sudah sepantasnya Negara menganugerahkan gelar Pahlawan, tanpa harus diminta.


“Sebenarnya kita tidak usah mengemis ya meminta gelar pahlawan kepada pemerintah untuk Syaikhona Kholil. Kita Nasdem mengingatkan kepada pemerintah agar supaya memberikan gelar pahlawan kepada Syaikhona Kholil, guru dari banyak pahlawan dan waliyullah di Republik,” ujar Hasan saat diwawancara wartwan.


Saat disinggung soal jasa dan kontribusi Syaikhona Kholil, Hasan menjawab dengan diplopmatis. “Apa kontribusi Syaikhona Kholil? hubbul wathon minal iman, cinta tanah air bagian dari iman itu tulisan tangan beliau,” tandas Wakil Ketua Bidang Agama dan Masyarakat Adat DPP Partai Nasdem sekaligus mantan Bupati Probolinggo dua periode ini.


Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa juga menegaskan, bahwa dirinya mendukung pengajuan Gelar Pahlawan Nasional untuk Syaikhona Kholil bin Abdul Latif, yang akrab disapa Syaikhona Kholil. " Beliau merupakan tokoh Ulama asal Bangkalan Madura sekaligus guru dari para banyak ulamak besar, yang mencetuskan berdirinya Organisasi Islam Nahdhatul Ulama(NU)," terang Khofifah.


Beberapa murid Syaikhona Khalil telah mendapatkan Gelar Pahlawan Nasional, yaitu Hadrotusyeh KH. Hasyim Asyari, KH. Wahab Hazbullah serta KHR. As'ad Syamsul Arifin. (Lim)

Bagikan:

Komentar