|
Menu Close Menu

Kampanyekan Literasi pada Anak Sejak Dini Lewat Membaca Buku Secara Maraton

Sabtu, 03 April 2021 | 12.55 WIB

Kakak Avan Fathurrahman (pegang boneka) dalam acara Membaca Buku Secara Maraton (Dok/Istimewa)


lensajatim.id
Sumenep-
Dalam rangka Memperingati Hari Buku Anak Se- Dunia, Kolaborasi  Rumah Cerita Okara, Rumah Produktif Indonesia, Kelompok Pecinta Bacaan Anak (KPBA), PC PERGUNU Kabupaten Sumenep menggelar Reading Book Maraton atau Membaca Buku Secara Maraton.


Kegiatan tersebut ditempatkan di salah satu rumah warga di Desa Parsanga, Kecamatan Kota, Kabupaten Sumenep, Jawa timur. Jumat (02/04/2021).


Tampak puluhan anak yang masih usia sekolah Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar antusias mengikuti kegiatan tersebut. Apalagi, selain diajak membaca anak-anak juga sambil mendongeng dengan media boneka, dengan pendongeng anak yang sudah kondang di Kabupaten Sumenep yaitu Kakak Avan  Fathurrahman. Bahkan, sebelum acara dimulai, terlebih dahulu anak-anak diajak senam agar menambah semangat.


“dalam rangka memperingati hari buku anak sedunia, saya membaca buku bersama teman-teman, rasanya senang karena ada kia (media boneka) mendongeng,” kata Suci, salah satu anak yang ikut kegiatan tersebut.


Menurut Kakak Avan Fathurrahman, kegiatan tersebut Selain memperingati Hari Buku Anak Sedunia,  juga untuk mengajak anak-anak supaya gemar membaca dan bercerita untuk terbiasa sejak dini cinta buku dan literasi.


“pertama kami dalam rangka untuk gerakan literasi biar anak-anak terbiasa membaca, kan selama ini banyak yang menganggap bahwa minat baca anak-anak itu kurang, nah kami ingin membuktikan bahwa minat anak-anak itu sebenarnya tinggi, hanya saja akses terhadap bahan bacaan itu yang kurang,” tukas pria yang akrab disapa Kak Avan ini. 


Sementara buku-buku bacaan bagi anak-anak disediakan secara gratis oleh komunitas okara dan kelompok pecinta bacaan anak. kegiatan edukasi yang bergerak dari kampung ke kampung tersebut ternyata mendapat apresiasi yang luar biasa dari para orang tua, terbukti mereka juga antusias menemani anak-anaknya yang belum bisa membaca menuntun membaca sambil mendongeng (Red)

Bagikan:

Komentar