|
Menu Close Menu

Kasus Covid-19 di Jember Belum Melandai, PMI Semprotkan Ribuan Liter Disinfektan ke Rumah Warga

Kamis, 29 Juli 2021 | 16.10 WIB


PMI Jember melakukan penyemprotan disinfektan ke Rumah warga (Dok/ris)


lensajatim.id Jember-
Jumlah pasien Covid -19 hingga saat ini di Kabupaten Jember  masih belum menunjukkan penurunan, bahkan kian hari jumlahnya terus meningkat.


Oleh karena itu, pemerintah Kabupaten Jember melalui relawan PMI terus mengintensifkan penyemprotan cairan disenfektan di beberapa tempat yang dianggap rentan terhadap penularan virus tersebut. Tak terkecuali di rumah-rumah warga yang saat ini warganya sedang menjalani isolasi mandiri.


Sebanyak 36 Rukun Warga (RW) yang ada di Kelurahan Jember Kidul, Kecamatan Kaliwates, juga tak luput dari penyemprotan  disinfektan oleh relawan Palang Merah Indonesia. Proses sterilisasi oleh relawan tersebut dilakukan selama dua hari berturut turut dengan ribuan liter cairan disinfektan. 


"Alhamdulillah dan terima kasih pada PMI yang sudah dua hari ini melakukan penyemprotan di 36 RW yang semuanya itu untuk memutus mata rantai penyebaran covid 19, " kata Rakhmad Ariefin, Lurah Jember Kidul Kaliwates, Kamis (28/7).


Penyemprotan cairan disinfektan oleh 15 personel relawan dilakukan keliling menggunakan 6 Hand Sprayer untuk bisa menjangkau kawasan padat penduduk, sementara untuk jalan dilingkungan tersebut disemprot dengan menggunakan 2 mobil Gunner milik PMI Jember. 


Sementara itu menurut ketua PMI Jember Zaenal Marzuki, warga yang isolasi mandiri dan dirujuk ke rumah sakit di kelurahan tersebut tersebar di 5 lingkungan, diantaranya Talangsari, kulon pasar, ledok kebon lor,  pattimura dan kebon kidul. Di lokasi itu juga terdapat 8 warga yang meninggal dunia dan dimakamkan secara protokol kesehatan covid 19.


"Untuk kelurahan jember kidul ini, kita dari PMI Jember mengerahkan seluruh kekuatan untuk melakukan penyemprotan cairan disinfektan di  rumah rumah warga, selain membawa gunner kita juga membawa Hand Sprayer, " tutur Zaenal Marzuki 


Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat setiap hari, lanjut Zaenal PMI Jember juga membawa tim khusus untuk melakukan sosialisasi tersebut ke masyarakat yang ada kelurahan Jember Kidul. 


"Kami juga melakukan sosialisasi pada masyarakat yang ada disini, agar mereka selalu disiplin menerapkan 5 M sehingga bisa hidup sehat dan terhindar dari paparan covid 19," ujarnya. (Ris)

Bagikan:

Komentar