|
Menu Close Menu

Bupati Hendy Optimis Jember Go Internasional

Rabu, 06 Oktober 2021 | 22.04 WIB

Hendy Siswanto, Bupati Jember, Jawa Timur saat berkunjung ke pabrik cerutu BIN Cigar Jubung , Kecamatan Sukorambi, Kabupaten Jember. (Dok/Istimewa).


Lensajatim.id, Jember-
Bupati Jember Hendy Siswanto melakukan kunjungan kerja ke beberapa tempat wisata dan UMKM di Jember. Satu diantaranya adalah Wisata Kebun Teh Gunung Gambir. Selain itu, Hendy juga berkunjung ke pabrik cerutu BIN Cigar Jubung Kecamatan Sukorambi, Rabu 6 Oktober 2021.


Dalam kunjungan itu, orang nomor satu di Jember tersebut bermaksud memperkenalkan dan mengkolaborasikan potensi di atas kepada investor nasional untuk dilakukan kerjasama dengan negara-negara luar seperti Belgia.


Investor tersebut yakni Ade Wayan Supadno dan Bu Rina. Ke dua tamu tersebut memiliki keahlian di bidang berbeda, satu diantaranya yakni Ade Wayan, ia eksis dan berhasil di bidang pertanian nasional. Sementara Bu Rina selaku Exportir dari Mutigo Indonesia. Keduanya merupakan orang Jember yang punya semangat tinggi untuk memajukan UMKM dan pertanian di Kabupaten Jember. 


Hendy menjelaskan bahwa Ade Wayan dulunya adalah orang Jember namun saat ini dirinya sukses di bidang pertanian nasional di Jakarta, begitu juga dengan Bu Rina seorang pengusaha di bidang eksportir, ia memiliki banyak akses ke beberapa negara, salah satunya di Belgia.


“Hari ini kami membawa tamu kita, I Wayan Supadno dan Bu Rina, dua-dua nya ini dari Jember namun sukses di Pertanian Nasional di  Jakarta, dan Bu Rina adalah eksportir kita yang memiliki banyak network di negara luar khusnya Belgia,” ungkap Hendy saat berkunjung di pabrik Cerutu Boss Immage Nusantara (BIN) Cigar, Rabu (6/10) sore.


Menurut Hendy Kabupaten Jember memiliki banyak potensi, salah satunya sektor pertanian, pariwisata dan UMKM. Pada sektor pertanian Jember memiliki komoditas tembakau dengan kualitas tinggi, bagitu juga dengan potensi di sektor pariwisata, menurutnya jika potensi tersebut dapat dikolaborasikan dengan investor maka Jember ke depan akan mampu go internasional. “Jadi tujuan kita arahnya untuk membuka kerjasama, berkolaborasi untuk mengakses pasar luar agar produk yang ada di Jember dapat dipasarkan ke luar negeri,” harapnya.


“Nah, dengan adanya Bu Rina dan Pak I Wayan di BIN Cigar ini untuk mengkolaborasikan dan mengenalkan potensi di Jember, agar tahu kekuatan Jember itu seperti apa, termasuk BIN ini meski sudah go internasional namun tidak ada salahnya kita mengenalkan agar cakupan ekspornya akan lebih luas lagi,” kata Hendy.


Owner BIN Cigar Jember Febrian Kahar menjelaskan bahwa sejauh ini pihaknya sudah meng ekspor prodak cerutu Jember itu ke Cina, Korea Selatan, Taiwan Sanghai, Malaysia, Tailan, Yunani dan Negara Afrika Kenya. “Untuk di negara Eropa kita masih tahap megosiasi,” ungkap Febrian.


Ia menjelaskan bahwa salah satu strategi pemasaran yang ia lakukan adalah dengan cara menyesuaikan dengan permintaan dari negara tersebut, baik rasa dan bentuk cerutu itu sendiri, “karena permintaan dari masing-masing megara juga berbeda-beda, termasuk juga harga, bahan, bentuk dan warnanya juga menyesuaikan dengan permintaan dari masing-masing negara,” tambahnya. 


Atas kunjungan Bupati dan rombongannya itu Febrian mengaku senang dan bersyukur, dirinya siap untuk berkolaborasi. “Kita butuh bantuan dan dukungan dari pihak pemerintah seperti Bupati, kerena aksesnya jelas ke pemerintahan di atasnya,” pungkasnya. (Ris)

Bagikan:

Komentar