|
Menu Close Menu

Memaknai Hari Kesaktian Pancasila di Era Digital, Begini Versi Sekjend DKN Garda Bangsa

Jumat, 01 Oktober 2021 | 15.42 WIB

M. Rodli Kaelani, Sekjend DKN Garda Bangsa (Dok/Istimewa).


lensajatim.id Surabaya- Setiap tanggal 1 Oktober diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Di era saat ini, Pancasila harus menjadi spirit dalam mengarungi kehidupan dengan segala tantangannya.


Pernyataan tersebut disampaikan oleh Sekretaris Jendral Dewan Koordinator Nasional (DKN) Garda Bangsa,  M. Rodli Kaelani. Politisi muda asal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang akrab disapa Bro Odie menjelaskan bahwa sejarah pengkhiatan gerakan PKI dan Komunisme tentu tidak boleh dilupakan begitu saja. " Kita  tetap harus diwaspadai, tapi bangsa ini dan generasi penerus harus berpikir ke depan," tukas Bro Odie saat dikonfirmasi. Jumat, (01/10/2021).


Mantan Ketua Umum Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB PMII) menuturkan bila saat ini  yang juga jauh lebih menantang dari sekedar bahaya komunisme yaitu juga bahaya liberalisme, hedonisme, kapitalisme dan esktrimisme agama. "  Apalagi dengan dunia yang semakin kompetitif, digital dan akses tanpa batas," bebernya.


Untuk itu, lanjut Bro Odie Pancasila harus dijadikan landasan teguh untuk menghadapi situasi tersebut."  Jadi Pancasila tidak hanya langgeng secara sejarah, tapi juga tangguh melawan faham-faham tersebut," tandasnya.


Odie menambahkan, untuk mewujudkan hal tersebut makan peran pendidikan menjadi kunci penting.  Makanya harus didorong sadar sejarah sekaligus kritis anak-anak didik  sekarang."  Bahwa negara ini punya kekuatan, khasanah dan idiologi pondasi yang luar biasa, bersumber dari agama & akulturasi nilai dan budaya bangsa, dibanding dari paham-paham yang tentu akan saling menghegemoni kedepan," pungkasnya. (Red)

Bagikan:

Komentar