|
Menu Close Menu

Santri Al-Qodiri Peduli Korban Erupsi Semeru, Kirim Bantuan Sembako dan Dampingi Belajar Anak Pengungsi

Jumat, 10 Desember 2021 | 19.23 WIB

 

Penyaluran bantuan berupa paket sembako dari Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) IAI Al-Qodiri, Jember untuk korban erupsi Gunung Semeru Lumajang. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Jember- Dewan Eksekutif Mahasiswa  (DEMA) IAI Al-Qodiri Jember, Jawa Timur  mengirimkan ratusan  paket bantuan sembilan bahan pokok (Sembako), bagi korban terdampak erupasi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajan, Jawa Timur.


“Hari ini kita berangkatkan 1  pickup bantuan logistik   untuk para korban letusan Gunung Semeru di Lumajang yang kami kumpulkan donasi  dari seluruh santri Al-Qodiri 1  Jember ,” jelas Duha Ahmary, Wakil Ketua Dema IAI Al-Qodiri. Kamis, (09/12/2021).


Aktivis Mahasiswa yang juga menjabat sebagai Sekretaris Nasional BEM Pesantren se-Indonesia ini menuturkan bila penyaluran bantuan tersebut merupakan gerakan sosial dari seluruh Santri Al-Qodiri Jember, untuk meringankan beban sesama saat musibah bencana alam menimpa daerah lain.


“Kami akan komunikasikan kepada relawan BEM yang ada di  Lumajang supaya didistribusikan sebagaimana mestinya  untuk para pengungsi dan korban erupsi Gunung Semeru,” tandasnya.


Pihaknya mengaku  turut prihatin terhadap bencana alam yang saat ini tengah melanda sebagian warga Lumajang yang berada di sekitar kaki gunung Semeru. Apalagi, musibah tersebut  telah menelan banyak korban jiwa termasuk materi.


Untuk tahap pertama, bantuan yang dikirimkan sebanyak 1 pickup berisi  sekitar 500 paket sembako  dan alat tulis anak sekolah ,mulai beras, minyak, mie ,kurma, susu , buku gambar dan lainnya, hingga selimut yang diperuntukan bagi warga Lumajang terdampak erupsi Gunung Semeru.


“Kami baru mengirimkan bantuan sosial agar bisa langsung digunakan, dan kami juga mengirimkan alat tulis untuk anak-anak agar tetap bisa belajar di sana," bebernya.


Tidak hanya itu ia juga menuturkan selama dua hari ke depan pihaknya mengirimkan relawan untuk mendampingi anak-anak belajar , kegiatan santri  Peduli Erupsi Semeru ini telah mengunjungi lima titik lokasi pengungsian, di antaranya di posko induk penanggalan, posko balai desa sumber mujur , posko pengungsi di rumah warga desa Sumber mujur dan Kampung Renteng serta Desa Kamar Kajang.
Tercatat ada150 orang di Desa Penanggal, 100 orang di Desa Sumbermujur dan 100 orang di Desa Sumberwuluh.


"Dalam kegiatan itu, Santri Al-Qodiri  Peduli juga menghibur anak-anak yang berada di posko," pungkasnya.


Dalam kegiatan ini, mahasiswa IAI Al-Qodiri Jember juga di libatkan penuh untuk terjun langsung ke lokasi bencana untuk menyalurkan bantuan. (Red).

Bagikan:

Komentar