|
Menu Close Menu

419 Jamaah Umrah Indonesia Resmi Berangkat, Komisi VIII Ingatkan Tetap Jaga Protokol Kesehatan

Selasa, 11 Januari 2022 | 08.43 WIB

KH. Ach. Fadil Muzakki, Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi NasDem saat menemani Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur waktu Silaturahmi ke Ponpes Al-Qodiri Jember, Jawa Timur beberapa waktu lalu. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Surabaya- Setelah beberapa kali mengalami penundaan, pada tanggal 8 Januari 2022, Pemerintah Indonesia akhirnya memberangkatkan secara resmi 419 jamaah umrah ke Arab Saudi.


Para jamaah diberangkatkan setelah menjalani proses karantina di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta, mereka diberangkatkan secara bersama lewat Bandara Soekarno Hatta. Berdasarkan informasi yang didapat redaksi, mereka yang berangkat dari beberapa daerah di Indonesia.


Tidak hanya di Indonesia, sesampainya di Madinah, jamaah juga akan menjalani masa karantina selama 5 hari. Itu dalam rangka mematuhi protokol kesehatan dan mencegah penularan virus varian baru yang saat ini mulai marak.


Menanggapi hal tersebut, Anggota Komisi VIII DPR RI, KH. Ach. Fadil Muzakki, menyambut baik keberangkatan jamaah umrah Indonesia. " Kita bersyukur, setelah sempat tertunda beberapa kali. Alhamdulillah jamaah umrah Indonesia akhirnya bisa berangkat," tukas politisi yang akrab disapa Lora Fadil saat dikonfirmasi disela-sela kesibukannya. Senin, (10/01/2022).


Dirinya berharap, jamaah umrah tetap mematuhi protokol kesehatan, baik yang diatur oleh pemerintah Indonesia ataupun yang menjadi ketentuan Kerajaan Arab Saudi. " Semoga ini menjadi awal yang baik, dan jamaah berikutnya juga terus bisa berangkat," tandasnya.


Tokoh yang masuk dalam bursa Calon Gubernur Jawa Timur ini menambahkan, dirinya sebagai salah satu wakil rakyat yang bermitra dengan Kementerian Agama RI akan terus melakukan pemantauan terhadap pelaksanaan ibadah umrah, agar bisa berjalan sesuai dengan ketentuan yang sudah ada. " Kami juga akan terus mengkaji agar ada kemudahan-kemudahan bagi jamaah umrah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat," ungkapnya.


Usai, melakukan kegiatan di Dapil masing-masing, dirinya selaku DPR RI akan memasuki masa sidang 2022. " Nanti saat rapat tentu hal-hal teknis dan evaluasi serta bagaimana kedepannya soal ibadah umrah akan kita bahasa dengan Kemenag," bebernya.


Lora Fadil juga menghimbau untuk seluruh jamaah umrah, selain mematuhi protokol kesehatan, juga diharapkan bisa menjaga kesehatan. " Harus jaga kesehatan, olahraga yang cukup, jaga pola makan, dibuat enjoy biar tidak stres dan agar tetap sehat, kesehatan harus dijaga jangan sampai sakit meski bukan Covid 19," pungkas Putra Pengasuh Ponpes Al-Qodiri Jember sekaligus Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Bondowoso ini. (Had).

Bagikan:

Komentar