|
Menu Close Menu

Mengenal Tokoh Nahdliyin Inspiratif 2022 : Khofifah, Perempuan Pertama yang Menjadi Gubernur Jatim

Selasa, 17 Mei 2022 | 19.30 WIB

Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si, Gubernur Jawa Timur. (Dok/Istimewa).


Lensajatim.id, Surabaya- Khofifah Indar Parawansa adalah Kader NU yang progresif dan visioner. Bahkan dalam rekam jejaknya ia kerap kali menjadi pioneer. Khofifah tercatat sebagai perempuan sekaligus kader NU pertama yang menjadi Gubernur Jawa Timur.


Bahkan jauh sebelumnya, ia tercatat sebagai perempuan pertama yang menjadi Ketua Cabang PMII, yakni PC PMII Surabaya. Ia pun perempuan pertama yang memimpin Ikatan Alumni Unair, sebuah perguruan tinggi negeri besar di Jawa Timur. 


Dalam literasi hukum konstitusi, Khofifah juga menorehkan jejak sejarah. Ia lah yang mempopulerkan istilah Terstruktur, Sistematis dan Massif atau TSM. Istilah itu sampai hari ini menjadi parameter dalam permohonan perkara di Mahkamah Konstitusi.


"Khofifah ini seorang pioneer, perempuan pertama yang jadi gubernur Jawa Timur. Selama menjadi gubernur ia berhasil menurunkan angka kemiskinan dan angka covid. Karena itu, ia kami pilih sebagai salah satu dari enam Tokoh Nahdliyin Inspiratif 2022," terang Koordinator Forkom Jurnalis Nahdliyin (FJN), Muhamad Didi Rosadi, Selasa (17/05/2022).


Jurnalis Harian Bangsa yang akrab disapa Diday ini mengungkapkan, karir Khofifah terbilang lengkap. Sebelum di eksekutif, ia telah memulai karir di parlemen. 

 

Diday melanjutkan, Khofifah juga punya pengalaman lengkap di parlemen. Ia pernah menjadi pimpinan komisi, fraksi hingga pimpinan DPR RI. Baik itu saat di PPP mau pun di PKB.


Khofifah juga pernah menjadi Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak, serta Ketua BKKBN di era Presiden Abdurrahman Wahid. Di periode pertama Presiden Joko Widodo ia diberi kepercayaan sebagai Menteri Sosial RI.


"Di NU, Khofifah berproses mulai di PMII hingga menjadi Ketua Umum PP Muslimat NU 4 periode. Saat ini, ia tercatat sebagai salah satu dari sedikit kader perempuan NU yang dipercaya menjadi Ketua PBNU," ujar Diday.


Apresiasi Tokoh Nahdliyin Inspiratif 2022 ini diberikan dalam rangkaian Harlah Forkom Jurnalis Nahdliyin ke-2, yang jatuh pada 13 Mei 2022. Selain Khofifah Indar Parawansa, ada lima tokoh NU lain yang juga menerima apresiasi tersebut.


Mereka adalah, Abdul Halim Iskandar (Menteri Desa PDTT RI), Zainudin Amali (Menpora RI), Erick Thohir (Menteri BUMN), Mundjidah Wahab (Bupati Jombang) dan Anik Maslachah (Wakil Ketua DPRD Jatim). (Red).

Bagikan:

Komentar