|
Menu Close Menu

Surya Paloh Sebut Pancasila Kekuatan Pemersatu Bangsa

Kamis, 02 Juni 2022 | 23.42 WIB

Surya Paloh, Ketua Umum Partai NasDem dalam acara Silaturahmi Nasional Kita Pancasila 'Pancasila Menjawab Tantangan Zaman', di Ballroom NasDem Tower, Jakarta.(Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Jakarta- Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh mengajak anak-anak bangsa Indonesia terus optimistis dan percaya diri untuk menjaga ideologi Pancasila. Menurut Surya, bangsa Indonesia mesti bersyukur memiliki Pancasila yang hadir sebagai perekat dan pemersatu bangsa di tengah keberagaman yang ada.


"Bahwasanya negeri kita ini memerlukan kehadiran kita bersama untuk tetap mampu menjaga roh, spirit, semangat kita melayani bangsa ini, dan di sanalah esensi Pancasila sebagai dasar falsafah negara yang kita cintai ini," kata Surya Paloh, saat menjadi pembicara utama di Silaturahmi Nasional Kita Pancasila 'Pancasila Menjawab Tantangan Zaman', di Ballroom NasDem Tower, Jakarta, Kamis (2/6/2022).


Surya bersyukur bangsa Indonesia memiliki alat pemersatu bangsa yang disebut Pancasila. Pancasila sebagai hasil pemikiran para founding fathers bangsa mampu menjawab berbagai tantangan zaman. Untuk itu, dia mengajak seluruh elemen bangsa untuk menghadirkan Pancasila dalam setiap sendi kehidupan.


"Ini (Pancasila) merupakan sebuah kekuatan yang dijadikan alat pemersatu bangsa ini. Kita tahu semuanya sebagai suatu bangsa, kita terdiri dari berbagai ragam etnik, suku, agama yang terus terang saja tidak mudah untuk dipersatukan," tambah Surya.


Dengan semua potensi dan kekuatan yang dimiliki Tanah Air, menurut Surya, akan dapat diperkuat dengan keberadaan Pancasila sebagai falsafah hidup bangsa ini dari generasi ke generasi.


Pasalnya, maju mundurnya bangsa ini merupakan tanggung jawab anak-anak bangsa Indonesia sendiri. Termasuk dalam menjawab tantangan dan ancaman paham-paham baru yang mungkin dapat mengancam masa depan bangsa.


"Apakah ini (ancaman paham-paham baru) bukan permasalahan yang besar bagi bangsa ini? Menurut saya ini bukan hanya masalah besar tapi ancaman bagi kehidupan kebangsaan kita," tambah Surya.


Surya lagi-lagi menekankan semangat hadirnya Pancasila dalam setiap tindakan yang mampu diwujudkan dalam kehidupan keseharian anak-anak bangsa.


"Saya harus meyakinkan kepada semuanya, khususnya kepada kalian anak-anak muda, percayalah tidak ada dasar filosofi yang lebih indah, lebih baik dalam tingkatan yang lebih universal seperti apa yang kita miliki hari ini dengan dasar ideologi kita yang bernama Pancasila," kata Surya.


Lebih jauh Surya masih menaruh rasa optimismenya dengan keberlangsungan Pancasila ke depan. Optimisme itu akan terus ada, kata Surya, selama ada anak-anak bangsa ini mengawal Pancasila dalam komitmen dan moral terhadap nilai-nilai Pancasila.


"Itu artinya masih ada harapan besar dan optimisme kita untuk berjalan terus pada bangsa dan negara yang bersatu dalam semangat Indonesia yang menjadi bangsa yang menghargai nilai-nilai Indonesia itu sendiri. Disanalah kita mempersatukan semua perbedaan untuk satu yang bernama Indonesia, berbeda-beda namun satu jua,"  pungkas Surya.


Hadir dalam acara silaturahmi tersebut, Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, Wakil Ketua DPR RI, Rachmad Gobel, Menteri BUMN, Erick Tohir, Menkominfo Johnny Plate, Menparekraf Sandiaga Uno, Ketua Bidang Hubungan Sayap dan Badan DPP Partai NasDem, Ivanhoe Semen, Staf Khusus Presiden RI, Diaz Hendropriyono dan fungsionaris organisasi sayap partai politik serta aktivis mahasiswa.(red).

Bagikan:

Komentar