|
Menu Close Menu

5 Desa Terdampak Banjir di Malang Selatan, 4 Paling Parah

Rabu, 19 Oktober 2022 | 23.19 WIB


Banjir yang terjadi di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. (Sumber Foto: BPBD Malang)

Lensajatim.id, Surabaya - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang, Jawa Timur (Jatim) melalui Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat ungkap sebaran banjir di Malang Selatan.


Diketahui sebelumnya, Malang Selatan  dilanda banjir pertama terjadi pada Sabtu lalu (15/10/2022) kamarin. Belum tuntas membersihkan puing-puing sisa banjir, pada Selasa (18/10/2022) kembali diterjang banjir.


Kabid Logistik dan Kedaruratan BPBD Kabupaten Malang, Sadono Irawan mengatakan bencana banjir di Malang tersebut lantaran guyuran hujan deras yang terjadi semalaman.


"Akibatnya banjir tersebut, sedikitnya terdapat lima desa yang terdampak bencana banjir di Kabupaten Malang," katanya kepada media ini, Rabu (19/10/2022).


Lebih lanjut, sebaran wilayah yang terdampak banjir yakni Desa Lebakharjo di Kecamatan Ampelgading, Desa Purowodadi dan Desa Pujiharjo di Kecamatan Tirtoyudo.


"Kemudian Desa Sitiarjo, Desa Sidoasri, dan Desa Tambakrejo, di Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Lalu, Desa Sumbermanjing Kulon di Kecamatan Pagak, dan Desa Sumberoto di Kecamatan Donomulyo," katanya merinci.


Pihaknya menambahkan, dari lima desa yang terdampak, empat desa tersebut termasuk yang terparah terdampak bencana alam, baik itu banjir maupun longsor. Yang diketahui baru-baru ini melanda Kabupaten Malang.


“Di Desa Pujiharjo, ada penutupan akses jalan akibat longsor. Demikian juga Desa Lebakharjo juga sama,” pungkasnya.


Lebih lanjut, menurutnya hasil asesmen tim BPBD di lapangan juga menyebut bila empat desa itu perlu penanganan cepat. Desa Sitiarjo misalnya, yang terendam banjir akibat luapan dari Sungai Penguluran.


“Di sana, ada ratusan KK yang terdampak. Untuk membantu warga, dapur umum, pos pengungsian dan pos kesehatan sudah didirikan,” pungkasnya. (Fauzi)

Bagikan:

Komentar