|
Menu Close Menu

91 Mahasiswa di Papua Barat Terima Bantuan Uang Kuliah Tingkat Akhir Dari Rico Sia

Selasa, 11 Oktober 2022 | 12.59 WIB

Rico Sia, Anggota Komisi VII dari Fraksi NasDem saat menyerahkan Bantuan Riset Talenta (BARISTA) kepada 91 Mahasiswa Papua Barat. (Dok/Istimewa).


Lensajatim.id, Sorong- Anggota Komisi VII DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Rico Sia menyerahkan Bantuan Riset Talenta (BARISTA) kepada 91 mahasiswa Papua Barat. Bantuan diberikan secara simbolis dalam acara Bimtek karya tulis ilmiah yang digelar Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), di Hotel Rich Panorama, Kota Sorong, Papua Barat, Senin (10/10).


Program BARISTA merupakan bantuan kepada mahasiswa aktif tingkat akhir jenjang Diploma 4 dan Sarjana (S1, S2, S3) yang sedang dalam menyelesaikan tugas akhir.


Rico menyampaikan bahwa program BARISTA ini merupakan kerjasama Komisi VII DPR bersama BRIN. Ia pun mengapresiasi mitra kerjanya di Komisi VII tersebut karena melalui program ini para mahasiswa bisa sangat terbantu.


Para mahasiswa Papua Barat pun antusias mengikuti program tersebut. Sejak dibuka pada Bulan Juli lalu, hingga saat ini sudah ada sekitar 200 lebih mahasiswa yang mendaftar untuk tahap 1 dan 2. Sementara untuk tahap 3 dan 4 masih berlangsung untuk diseleksi.


"Mahasiswa antusias mengikuti program ini, ada sekitar 200-an mahasiswa yang mengirimkan email kepada kami, namun hanya 91 yang lolos untuk tahap 1 dan 2," ujar Rico dalam acara yang Bimtek yang juga dihadiri Pj Walikota Sorong, BRIN, para dosen dan perwakilan mahasiswa dari 12 kampus yang ada di Sorong itu.


Sementara untuk tahap 3 dan 4, Rico mengatakan bahwa para mahasiswa masih dalam tahap melengkapi berkas. Rico pun meminta BRIN memperpanjang waktu pendaftaran sehingga mahasiswa bisa melengkapi dokumen yang diperlukan.


Lebih lanjut Rico mengatakan, selain menciptakan SDM unggul, program BARISTA 2022 juga merupakan yang pertama kali dilaksanakan untuk bertujuan untuk meningkatkan kolaborasi kegiatan lembaga penelitian, pengembangan, pengkajian, dan penerapan (litbangjirap) dengan perguruan tinggi di Indonesia.


"Bagi mahasiswa yang tidak lolos berkas tetap berusaha dan jangan menyerah. Kedepan saya akan mengupayakan, mengusulkan ke BRIN agar jangka waktu program BARISTA ini diperpanjang agar adik adik mahasiswa kita bisa melengkapi berkas karena waktunya diperpanjang," tutup Legislator dari Dapil Papua Barat itu.


Pj Walikota Sorong, George Yarangga memberikan apresiasi dan terima kasih kepada Rico Sia atas terselenggaranya program BARISTA 2022. Menurut Yarangga, selain mencetak sarjana lulusan terbaik, program ini dapat menciptakan sumber daya berkualitas, handal serta berkemampuan yang mumpuni.


"Kami di Papua Barat sangat beruntung memiliki sosok wakil rakyat seperti Bapak Rico Sia yang mampu bekerja, menyuarakan aspirasi, serta memperhatikan rakyat terutama mahasiswa. Program ini sangat bermanfaat membantu mahasiswa dalam menyelesaikan studi tahap akhir. Terima bapak Dewan Rico Sia atas banyaknya program masyarakat yang sudah terealisasi," terang Yarangga.


Salah satu mahasiswa penerima Program BARISTA 2022, Agustinus Sentebo dari Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong juga menyampaikan terima kasih pada Rico Sia atas terselenggaranya Program BARISTA 2022. Menurutnya, dengan hadirnya program BARISTA 2022 ia sangat terbantu dan bisa menyelesaikan studi akhirnya.


"Terima kasih bapak Rico Sia, dengan program ini saya bisa menyelesaikan studi akhir saya, saya sangat terbantu sekali. Sekali lagi terima kasih, semoga Tuhan Yesus memberkati bapak," tandanya. (Red).

Bagikan:

Komentar