|
Menu Close Menu

Irjen Toni Harmanto Ditunjuk Menjadi Kapolda Jatim

Minggu, 16 Oktober 2022 | 11.35 WIB

Kapolda Jatim yang baru Irjen Toni Harmanto. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Surabaya - Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo gerak cepat melakukan mutasi sejumlah jenderal di kepolisian.


Hal itu dilakukannya pasca kasus narkoba yang menyeret nama Daerah (Kapolda) Jawa Timur (Jatim) Irjen Teddy Minahasa pada Jum’at (14/10/2022) kemaren malam.


Kemudian, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo membatalkan TR Kapolda Sumbar Irjen Teddy Minahasa yang terjerat kasus narkoba. Lalu, Kapolri menunjuk Irjen Toni Harmanto menjadi Kapolda Jatim.


"Irjen Pol Drs. Toni Harmanto MH NRP 65100566 Kapolda Sumsel Diangkat dalam Jabatan Baru Sebagai Kapolda Jatim," kata Kapolri, Jumat (14/10/2022) kemaren.


Diketahui sebelumnya bahwa Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polri lantas menjemput dan melakukan pemeriksaan terhadap Teddy. Setelah diperiksa, Teddy dinyatakan sebagai terduga pelanggar.


"Tadi pagi telah dilaksanakan gelar untuk menentukan dan saat ini Irjen TM (Teddy Minahasa) dinyatakan sebagai terduga pelanggar," kata Sigit.


Perwira tinggi Polri itu, lanjut Sigit,

kini ditempatkan di Tempat Khusus (Patsus). Teddy akan diperiksa lebih lanjut oleh Propam Polri terkait dugaan pelanggaran etik dengan ancaman pemecatan dari kepolisian.


"Saya minta agar kader Propam segera melaksanakan pemeriksaan terkait etik untuk kemudian bisa kita proses dengan ancaman hukuman PTDH (pemberhentian tidak dengan hormat)," tegasnya.


Tak hanya itu, kata Kapolri, Teddy juga akan diproses secara pidana oleh Kapolda Metro terkait kasus ini.


"Jadi ada dua hal proses etik dan proses pidana," pungkasnya. (Fauzi)

Bagikan:

Komentar