|
Menu Close Menu

PCNU Bondowoso Gelar Sapa Warga dan Bina Desa untuk Tampung Keluhan Masyarakat

Sabtu, 15 Oktober 2022 | 16.27 WIB

Sholawat dan Munajat Sapa Warga dan Bina Desa PCNU Kabupaten Bondowoso. (Dok/Nang).

Lensajatim.id, Bondowoso – PCNU Kabupaten Bondowoso melakukan “tour” sapa warga dan bina desa di seluruh wilayah Bumi Ki Ronggo.


Memasuki minggu ke dua pelaksanaannya, sudah ada dua kecamatan yang telah didatangi. Yakni Kecamatan Binakal, dan terbaru pada Jum’at (14/10/2022) malam mendatangi kawasan Kecamatan Jambesari Darusollah.


Tepatnya, dilaksanakan di Ponpes Manbaul Ulum, di Desa Grujugan Lor.


Ketua PCNU Bondowoso, KH. Abdul Qodir, dikonfirmasi mengatakan, ini dilakukan untuk mendekatkan struktur PCNU dengan kultur. Antara, pengurus dengan warganya.

 

Agar tahu langsung keluhan warga. Serta melihat langsung apa yang sedang terjadi di tengah-tengah masyarakat.

 

“Biar kita kan tahu langsung apa keluhannya, apa yang terjadi di bawah. Itu yang kita cari solusinya,” ujarnya dikonfirmasi awak media.

 

Ia menuturkan untuk bina desanya sendiri, pihaknya mencari Pemerintah Desa yang mau bekerjasama untuk ikut melakukan pendampingan dipemberdayaannya.

 

Khusus, program bina desa ini pihaknya tak bergerak sendiri. Melainkan juga ada keterlibatan dari Polri, serta TNI di Bumi Ki Ronggo.

 

“ Macam-macam ya untuk spesifikasi desa yang bekerjsama. Ada yang semacam menginginkan  di desa itu ada lembaga zakat. Ada juga salah satu desa di Binakal itu, kita fasilitasi untuk lebih pada penggunaan media social,” urainya.

 

Ia menekankan, bahwa dalam program ini tak hanya pembinaan spiritual. Melainkan, menyesuiakan dengan kompleksnya setiap persoalan yang ada di masing-masing desa.

 

“Kan kompleks persoalannya di desa. Persoalan desa yang persoalan NU, karena mayoritas warga Bondowoso, adalah warga NU,” urainya.

 

Ditambahkan oleh Misyono, Sekretasi PCNU Bondowoso, bahwa program ini dilaksanakan untuk mendukung dan ikut andil pemerintah daerah dalam melakukan pembangunan di Bumi Ki Ronggo ini.


Karena itulah, pihaknya menargetkan tahun depan ada 100 desa sudah bisa difasilitasi oleh PCNU Bondowoso.

 

“Ini kan program jelang satu abad NU, kita harapkan tahun depan sudah bisa kita fasilitasi lah,” pungkasnya.


Pantauan di lapangan, dalam setiap kegiatan itu dilakukan pemberian bantuan bagi warga tak mampu baik dari Lazisnu, Polres dan lainnya.

 

Selain itu, juga dilakukan pembacaan sholawat, tauziah dari sejumlah tokoh agama, sambutan dan eduksi dari Ketua DPRD, Kapolres Bondowoso, hingga Bupati Salwa Arifin.


Usai edukasi warga NU yang hadir menyampaikan sejumlah masukan, keluhan, hingga kritikana.(Nang)

Bagikan:

Komentar