|
Menu Close Menu

Akibat Cuaca Ekstrim, Pohon Tumbang Tutupi Jalan

Jumat, 11 November 2022 | 14.38 WIB


Sebuah pohon trembesi dengan tinggi 12 meter dan diameter 65 sentimeter yang berada di Jalan Halmahera Kecamatan Klojen mendadak tumbang. (Sumber Foto: BPBD Kota Malang). 

Lensajatim.id, Malang - Akibat cuaca ekstrem yang melanda Kota Malang, sebuah pohon trembesi dengan tinggi 12 meter dan diameter 65 sentimeter yang berada di Jalan Halmahera Kecamatan Klojen mendadak tumbang.


Informasi yang dihimpun oleh jurnalis media ini, kejadian pohon tumbang tersebut terjadi pada Kamis (10/11/2022) malam hari sekitar pukul 23.10 WIB.


Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang, Prayitno mengatakan, kejadian pohon tumbang itu terjadi  beberapa jam sebelum seluruh wilayah Kota Malang diguyur hujan lebat.


"Pohon itu tumbang dan menutup akses jalan, sehingga arus lalu lintas di sekitar lokasi sempat terganggu," katanya kepada media ini, Jumat (11/11/2022).


Lebih lanjut, pihaknya mengungkapkan bahwa akibat kejadian tersebut tidak ada korban jiwa. Hanya saja arus lalu lintas untuk sementara waktu terganggu.


"Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa ataupun luka-luka dalam kejadian tersebut," katanya menegaskan.


Kemudian, lanjut Prayitno, warga sekitar yang melihat pohon besar malang melintang di jalan raya langsung melapor dan menghubungi pihak BPBD Kota Malang terkait kejadian tersebut.


"Setelah mendapat laporan dari masyarakat, malam itu juga Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kota Malang langsung bergerak ke lokasi," imbuhnya


Sesampainya di lokasi, kata Prayitno, TRC BPBD Kota Malang segera berkoordinasi dengan Tim Potong Pohon DLH Kota Malang. Kemudian bergerak melakukan pemotongan dan pembersihan di lokasi pohon tumbang.


"Dari laporan tim di lokasi, kondisi akar pohon telah mengalami pelapukan. Sehingga, sudah tidak kuat menopang beban pohon yang akhirnya membuat pohon itu pun tumbang," ujarnya.


Prayitno menambahkan, evakuasi pohon tumbang itu berlangsung selama dua jam. Kemudian berhasil dievakuasi pada Jumat (11/11/2022) dinihari sekitar pukul 01.00 WIB.


"Evakuasi pohon tumbang dinyatakan selesai. Dan saat itu juga, akses dan arus lalu lintas di lokasi tersebut kembali normal," pungkasnya. (Fauzi)

Bagikan:

Komentar