|
Menu Close Menu

Jajaki Kerja Sama dengan Kampus STKIP PGRI Bangkalan, G25 Indonesia Gelar Diskusi Terbatas

Selasa, 20 Desember 2022 | 13.21 WIB

Diskusi terbatas antara pihak Kampus STKIP PGRI Bangkalan dengan G25 Indonesia untuk rencana kerja sama yang akan dilakukan. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Bangkalan- Yayasan Gerakan Dualima Indonesia atau yang lebih dikenal dengan G25 Indonesia terus melebarkan sayapnya untuk bisa memberdayakan para pemetik manfaat yang sudah dibantu. 


Salah satunya, terbaru G25 Indonesia menjajaki kerja sama dengan Kampus STKIP PGRI Bangkalan. Hal itu dilakukan dengan melakukan pertemuan dan diskusi terbatas di ruang Ketua STKIP PGRI Bangkalan.  Senin, (19/12/2022).


Dasuki Rahmad, Ketua G25 Indonesia menjelaskan bahwa G25 merupakan gerakan donasi minimal 25 ribu rupiah. Dari donasi yang terkumpul, pihaknya menyalurkan dalam bentuk program usaha super mikro, yaitu bantuan usaha yang diberikan kepada pemetik manfaat setelah dilakukan proses survei. 


" Bantuan yang kami berikan bukan bentuk uang, tapi modal kebutuhan usaha sesuai dengan usaha yang dijalankan atau mau dijalankan. Jadi kita identifikasi kebutuhan usahanya, kita antarakan belanja ke toko, kita belikan sesuai kebutuhan," jelas Dasuki memulai pembicaraan. 


Berikutnya lanjut Dasuki, ada program bantuan pendidikan. Dalam program ini juga sama para pemetik manfaat ditanyakan kebutuhan pendidikan yang belum terpenuhi, lalu diajak untuk belanja kebutuhan. 


" Misal butuh seragam, butuh tas, buku, ya itu kita antarakan dan kita belikan. Kalau misalnya biaya sekolah yang harus dibayar, kita datangi ke sekolahnya dan kita bayarkan, " lanjut Dasuki. 


Program ketiga adalah program bantuan sosial charity. Itu, kata Dasuki diberikan kepada pemetik manfaat yang kurang mampu secara ekonomi, tapi juga tidak memungkinkan untuk membuka usaha. Baik karena faktor kesehatan atau karena faktor usia. 


" Nah, yang begitu kita belikan kebutuhan sehari-hari, kayak sembako dan yang lainnya, kita berikan sebagai bantuan untuk meringankan beban kehidupannya," ungkapnya. 


Dari program yang sudah berjalan, dan sudah banyak penerima manfaat yang menerima bantuan, pihaknya tidak hanya ingin berhenti disitu. Tetapi ingin ada tindak lanjut pemberdayaan. 


" Yang dibantu usaha bagaimana usahanya bisa jalan dan semakin maju. Yang dibantu pendidikan bisa terus melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, bahkan hingga perguruan tinggi. Maka disinilah kami memandang perlu adanya kolaborasi dengan kampus untuk bersama-sama melakukan kegiatan kemanusiaan dan pemberdayaan," tandas Ketua PA GMNI Kabupaten Bangkalan ini. 


Ditempat yang sama, Ketua STKIP PGRI Kabupaten Bangkalan, Fajar Hidayatullah menyambut baik kedatangan relawan G25 Indonesia. Menurutnya, pihaknya juga merespon positif karena selama dia juga mengikuti dan terlibat walau memang tidak secara langsung, apa yang dilakukan oleh G25 Indonesia sangat menarik dan  merupakan sesuatu hal yang baik dan sangat layak di dukung semua pihak. 


" Jadi G25 Indonesia ini galang donasi, tapi tidak memberikan bantuan dalam bentuk uang, tapi berupa barang kebutuhan. Ini menurut saya bagus, sebab kalau uang setelah diberikan bisa-bisa langsung habis, tapi kalau barang apalagi dalam bentuk modal usaha, ini bisa terus berjalan, " terang Fajar yang juga menjadi bagian dari donatur kegiatan G25 Indonesia. 


Fajar lalu menjelaskan, bahwa pihaknya ada program Merdeka Belajar, kemudian ada program pengabdian yang dilakukan oleh dosen. Itu semua kedepan memungkinkan dikerjasamakan dengan banyak pihak, termasuk G25 Indonesia.


Untuk itu, pihaknya menyambut baik rencana kerjasama yang nantinya akan diresmikan lewat Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepakatan yang  selanjutnya kita buat lebih spesifik dengan perjanjian kerja sama di masing-masing program


" Untuk teknis inti dan isi MoUnya nanti detailnya bisa kita bahas lebih lanjut sebelum dilakukan penandatanganan," pungkasnya.


Kegiatan yang berlangsung santai tapi serius itu dihadiri oleh sejumlah relawan dan pengurus G25 Indonesia. Selain itu, dari pihak kampus juga hadir Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan STKIP PGRI Bangkalan serta dari bagian Humas. (Had/Red).

Bagikan:

Komentar