|
Menu Close Menu

Gandeng OJK, Zulfikar Dorong Peningkatan Literasi Keuangan untuk Masyarakat Situbondo

Jumat, 09 Juni 2023 | 21.43 WIB

Kegiatan Literasi Keuangan Kerja Sama Anggota DPR RI dengan OJK. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Situbondo- Anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar, Zulfikar Arse Sadikin, S.IP, M.Si menyelenggarakan penyuluhan Kebijakan Jasa Keuangan dengan menggandeng Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Tema yang dipilih dalam kegiatan tersebut adalah Partisipasi Masyarakat dalam meningkatkan Literasi Keuangan Digital untuk Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Situbondo. 


Bang Zul panggilan akrabnya, memberikan sambutan kepada ratusan peserta bahwa Masyarakat Situbondo harus mulai mengenal literasi Keuangan.


 “Masyarakat Situbondo terutama UMKM harus mulai belajar keuangan Digital. Saat ini banyak Keuangan Digital yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Situbondo untuk mengakses permodalan”, jelasnya.


“Namun masyarakat harus selektif dalam memilih layanan jasa keuangan digital”, ucap Bang Zul. 


Aditia Soelaksono juga menambahkan ada Penawaran Efek melalui layanan urun dana berbasis teknologi informasi/Securities crowdfunding (SCF) Sebagai alternatif pendanaan yang cepat, mudah dan murah bagi kalangan generasi muda dan UKM yang belum bankable untuk mengembangkan usahanya. 


“Namun masyarakat harus selektif dalam mengakses layanan keuangan digital. Ada beberapa ciri ciri pinjol Ilegal diantaranya ; Tidak memiliki izin resmi, Pemberian pinjaman sangat mudah, Akses seluruh data di ponsel, Bunga/ biaya pinjaman/denda tidak terbatas, Ancaman teror, penghinaan, pencemaran nama baik, dan penyebaran foto/video, Identitas pengurus dan alamat kantor tidak jelas, Penawaran via saluran komunikasi pribadi tanpa izin”, ucap Aditia yang saat ini menjabat Kepala SubBagian Pengawasan IKNB dan Pasar Modal Kantor OJK Jember.


Hadir juga dalam acara tersebut Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Situbondo, Bapak Rahmad, SH, M.Hum beserta seluruh pengurus Pleno, Kecamatan, Desa dan Organisasi Sayap Partai Golkar Kabupaten Situbondo. Seluruh calon legislatif dari partai Golkar mulai dari dapil I hingga VII juga menghadiri sosialisasi OJK di Aula Gedung PGRI Sumberkolak Panarukan Kabupaten Situbondo. (Yus)

Bagikan:

Komentar