|
Menu Close Menu

Wakil Ketua Komisi V DPR RI Bantu Masyarakat Jayapura Bedah Rumah

Selasa, 01 Agustus 2023 | 07.37 WIB

Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Robert Rouw menyerahkan secara simbolis 400 paket Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) ke warga Jayapura Papua . (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Jayapura-  Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Roberth Rouw menyerahkan secara simbolis 400 paket Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) kepada warga Jayapura, Papua, Jumat (28/7). Bantuan bedah rumah ini merupakan aspirasi Roberth Rouw.


“Bantuan ini adalah program Kementerian PUPR. Saya di Komisi V DPR bermitra dengan Kementerian PUPR, di mana kami menyetujui program ini, sehingga hadirlah program BSPS dan masyarakat dapat merehabilitasi rumahnya,” kata Roberth.  


Roberth yang juga Ketua Fraksi Partai NasDem DPR RI itu mengatakan, bantuan seperti ini sangat diperlukan di Papua karena masih banyak masyarakat yang belum mempunyai rumah layak huni.


Terkait ketentuan untuk menerima bantuan BSPS yang harus memiliki rekening bank dan lain sebagainya, Roberth mengaku bersyukur syarat-syarat tersebut bisa dilonggarkan, khusus di Papua.


"Jika mengikuti ketentuan atau persyaratan untuk mendapatkan program rehab rumah seperti harus punya rekening di bank, memiliki dana untuk share dan lainnya, tentu itu sangat susah program ini dilakukan di Papua sehingga saya meminta hal itu tidak dilakukan di Papua," ujarnya.


Lebih lanjut Roberth mengatakan, BSPS disambut sangat antusias oleh masyarakat. Minat masyarakat sangat tinggi terhadap program bedah rumah itu.


"Tadinya masyarakat kurang berminat, namun justru kini permintaan masyarakat sangat banyak untuk rehab rumah. Bahkan, awalnya masyarakat beranggapan ini untuk kepentingan politik, padahal kami hadir beberapa tahun lalu sebelum memasuki tahun politik dan sempat dicurigai oleh masyarakat,” ungkapnya.


Dalam program PSBS, satu unit rumah mendapat bantuan sebesar Rp23,5 juta. Roberth berharap ke depan program ini bisa terus berjalan dan kuota terus bertambah.


“Kami akan berjuang nilai rehab rumah bisa ditambah dan kuantitas rumah yang direhab juga bertambah sehingga program ini benar-benar dirasakan manfaatnya bagi rakyat di Papua,” ujarnya.(dis/*)

Bagikan:

Komentar