|
Menu Close Menu

LaNyalla dan Lia Istifhama,Masuk Dua Besar Calon DPD RI Versi Survei ARCI

Minggu, 24 September 2023 | 10.33 WIB

Direktur Eksekutif ARCI, Baihaki Sirajt saat menggelar kegiatan rilis hasil survei ARCI di salah satu Kafe di Surabaya. (Dok/Had).

Lensajatim.id, Surabaya- Lembaga Survei Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) merilis hasil survei terbarunya. Salah satunya memotret elektabilitas calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dari Jawa Timur.  


Hasilnya, Lia Istifhama yang saat ini aktivis perempuan yang merupakan Ketua Perempuan Tani HKTI Provinsi Jawa Timur berada di urutan kedua setelah AA. LaNyalla M Mattalitti (Incumbent)  yang saat ini menjabat Ketua DPD RI. 


" Untuk Calon DPD RI Lia 6,8 persen. Perolehannya nomor dua setelah Pak LaNyalla," terang Baihaki Sirajt, Direktur Eksekutif ARCI, Kamis (21/09/2023) beberapa hari yang lalu. 


Untuk LaNyalla lanjut Baihaki adalah sebesar 12,6 persen. Kemudian berikutnya disusul oleh Ahmad Nawardi : 5,7 persen (Incumbent )dan Adillah Azis : 4, 6 persen (Incumbent).


Kata Baihaki, seberan pemilih perempuan yang akrab disapa Ning Lia ini merata di Jatim, hanya saja yang lumayan dominan di daerah Surabaya, Sidoarjo, Pasuruan, Jember, Banyuwangi, Bondowoso dan Bangkalan. 


" Rata-rata pemilih mengenalinya sebagai aktivis perempuan yang cantik dan dikenal dengan orang dekatnya Bu Gubernur Khofifah," tandas Baihaki. 


Berdasarkan survei ARCI,  berikut urutan elektabilitas calon anggota DPD RI dari Jatim 1. H. AA. LaNyalla M Mattalitti : 12,6 %, 2. Lia Istifhama : 6,8 %, 3. Ahmad Nawardi : 5,7 % 4. Adillah Azis : 4,6 %, 5. Kondang Kusumaning Ayu : 2,4% 6. Drs. Ayub Khan : 1,8 %, 7. Ir. H. Agus Raharjo : 1,7 %,  yang lain dibawah 1 persen.



" Nah, yang menjawab tidak tahu ini masih  sangat tinggi yaitu : 62,3 %. Sehingga potensi berubah petanya masih ada. Bergantung kerja-kerja politik di lapangan," pungkas Baihaki. 


Survei ARCI dilakukan pada 5-15 September 2023. Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 1.200 responden yang tersebar proporsional di 38 kabupaten/kota Jatim. Survei ARCI memiliki margin of error sebesar 2,8% dan tingkat kepercayaan sebesar 95%. (Had)

Bagikan:

Komentar