|
Menu Close Menu

Tinjau Pembangunan Jalan Sepanjang 10,6 KM di Bondowoso, Sumail Abdullah Berharap Ada Dampak Ekonomi bagi Masyarakat

Minggu, 04 Februari 2024 | 16.00 WIB

H. Sumail Abdullah, Anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra saat meninjau pembangunan sejumlah jalan poros di Bondowoso. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Bondowoso- Pemerintah Pusat akhirnya mengaspal jalan sepanjang 10,6 kilometer di tiga ruas jalan Bondowoso. Jalan tersebut meliputi, Tangsil Kulon-Kejayan, jalan Pasarejo-Bendo Arum, serta Bataan-Pejagan.


Semua itu terwujud atas usulan dari anggota Komisi V DPR RI Fraksi Gerindra, Sumail Abdullah dari Dapil Jatim III (Bondowoso-Situbondo-Banyuwangi).


Sumail Abdullah, memberikan keterangan kepada media, bahwa dirinya melakukan monitoring dan evaluasi jalan poros desa yang menggunakan pembangunan Inpres Jalan Daerah (IJD) tersebut, bersama sejumlah perwakilan Kementerian PUPR, untuk memastikan pengerjaannya sesuai, serta masyarakat bisa ikut memelihara.


Pelaksanaan IJD bertujuan untuk menangani jalan-jalan non nasional yang rusak dan meningkatkan kemantapan jalan daerah di seluruh Indonesia melalui bantuan APBN.


Menurut Sumail,  secara tematik  IJD sendiri bisa mengaspal jalan yang berkaitan dengan pertanian, industri, dan jalan yang mengarah ke sektor pariwisata. 


" Saya mengusulkan pengaspalan dengan harapan jalan tersebut tak hanya bermanfaat untuk pendidikan dan sosial. Tentu, juga diharapkan bisa bermanfaat secara ekonomi," jelas Sumail, Sabtu( 03/02/2024).


Masih kata Sumail, seperti yang disampaikan oleh Kades setempat, setelah jalan itu dibangun dengan baik, maka toko-toko dan UMKM yang ada di sini bertumbuh. Sehingga ada perputaran uang disini.


Berdasarkan hasil pantauan yang dilakukan secara langsung oleh dirinya, Sumail menjelaskan kalau  hasil pengaspalan telah sesuai dengan standar yang kontruksi yang ada.


Ia pun menerangkan, untuk pemeliharaan jalan nanti akan dikembalikan pada daerah, karena pengaspalannya juga atas sepengetahuan Pemerintah Daerah.


"Agar jalan yang dibangun ini untuk tidak dilewati kendaraan dengan tonase dengan beban-beban tertentu. Agar usia pakainya semakin lama," tandas politisi yang kembali maju sebagai Caleg DPR RI dari Dapil Jatim III ini. 


Ditemui di tempat yang sama, Ali Hasan Mun'im, Tenaga Ahli Sumail Abdullah wilayah Bondowoso, mengatakan pengaspalan jalan menggunakan program IJD dari dana APBN atas usulan Anggota DRP RI Fraksi Gerindra, Sumail Abdullah dilakukan  di banyak titik.


Sedikitnya lanjut pria yang akrab disapa Ali Hasan ini,  ada empat ruas di beberapa titik lainnya. Yakni, jalan di Gardu Atak-Sumber Gading-Sukorejo. Kemudian, di jalan Tangsil Kulon-Kejayan, dan jalan Pasarejo-Bendo Arum, dan Bataan-Pejagan. 


Ali Hasan berharap,  program-program yang diinisiasi oleh Bapak Sumail Abdullah sebagai wakil rakyat bisa dinikmati dengan baik oleh masyarakat Bondowoso. 


"Terima kasih dan rasa syukurnya. Karena jalan yang telah diperbaiki ini benar-benar memiliki andil dalam perekonomian di desanya," ucap Sugiono, Kepala Desa Tangsil Kulon


Menurutnya, biasanya warga lain tidak lewat di Tangsil sekarang lewat di Tangsil. " Biasanya tidak belanja di Tangsil sekarang belanja di Tangsil," bebernya. (Tim)

Bagikan:

Komentar