|
Menu Close Menu

Bimtek Kemenparekraf RI, Gus Amri dan Ketua GP Ansor Kota Kraksaan Ungkap Pentingnya Hak Kekayaan Intelektual

Sabtu, 30 Maret 2024 | 11.40 WIB

Moh. Haerul Amri, Anggota Komisi X DPR RI saat hadir dalam Bimbingan Teknis yang diselenggarakan oleh Kemenparekraf RI di Hotel Bromo Park Probolinggo. (Dok/Had). 

Lensajataim.id, Probolinggo- Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI menggelar Bimbingan Teknis Pemahaman Hak Kekayaan Intelektual Bagi Pelaku Usaha Ekonomi Kreatif di Kota Probolinggo bertempat di Hotel Bromo Park, Jumat ( 29/03/2024).


Kegiatan itu dihadiri oleh Moh. Haerul Amri, Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, kemudian dari Kemenparekraf RI hadir Ketua Tim Peningkatan Kapasitas SDM Kemenparekraf RI Toar RE Mangaribi, Kabid Destinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Probolinggo, Endang Novi Artitik, Zen Ubaidillah, Ketua GP Ansor Kota Kraksaan , Zulfikar Imawan, dan Alek Fahmi, tokoh masyarakat dan pemuda Kota Probolinggo.


Tidak hanya itu, menariknya, dalam kegiatan tersebut juga ada penampilan tari tradisional yang dibawakan oleh Sanggar Tari dari SMAN Gending. Dan para penari ini juga mendapat bantuan beasiswa PIP dan KIP dari Moh. Haerul Amri. 


Moh. Haerul Amri atau yang akrab disapa Gus Amri mengungkap betapa pentingnya Hak Kekayaan Intelektual (HKI) bagi pelaku usaha, khususnya bidang ekonomi kreatif termasuk salah satunya juga bagi pelaku seni. Gus Amri lalu menyebutkan misalnya pelaku seni yang kasetnya yang digandakan tanpa ijin, itu tentu sangat dirugikan. 


" Makanya bagi yang punya karya atau usaha mari daftarkan HKI agar kalau ada masalah nantinya bisa mendapat kepastian hukum ," terang Gus Amri. 


Gus Amri juga menegaskan, sebagai anggota  Komisi X DPR RI,  pihaknya kedepan akan terus berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Probolinggo untuk kemajuan pariwisata di Kota Probolinggo, serta peningkatan ekonomi termasuk bidang ekonomi kreatif. 


Zen Ubaidillah, Ketua PC GP Ansor Kota Kraksaan  juga menyebut hal yang sama, betapa HKI bagi sebuah karya itu sangat penting. Sebab, ketika karya itu terdaftar di HKI dan digandakan atau digunakan orang lain maka pemilik HKI akan mendapatkan royalti. Dan itu lanjut pria yang akrab disapa Zen itu bisa diwariskan ke anak cucu dan keluarga. 


Zen juga mengungkapkan beberapa manfaat ketika karya terdaftar di HKI, misalnya bisa mendapatkan perlindungan terhadap karya baik di dalam atau dan luar negeri. Kemudian juga bisa menjamin kepastian hukum, memiliki  hak monopoli dan beberapa  manfaat lainnya. (Had) 

Bagikan:

Komentar