|
Menu Close Menu

Kiprah Musaffa' Safril di Organisasi Hingga Mendapat Amanah Menjadi Wasekjen PP GP Ansor Periode 2024-2029

Selasa, 28 Mei 2024 | 19.09 WIB

Musaffa' Safril, Wasekjen PP GP Ansor 2024-2029. (Dok/Istimewa). 

Lensajatim.id, Surabaya- Nama lengkapnya Musaffa' Safril. Ia lahir pada 11 April 1984, di Kabupaten Sumenep, salah satu Kabupaten yang berada di Pulau Madura, Jawa Timur. Pria yang akrab disapa Safril ini menempuh pendidikan dasar di MI Nurul Jali, lalu melanjutkan di MTs Nurul Asrar. Keduanya di Desa Pakamban Daya Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep, sembari mengaji di Pondok Pesantren Al Ishlah di Desa yang sama.


Lulus MTs, Safril  melanjutkan pendidikan di MA Tarbiyatus Shibyan Pamekasan, sambil ngangsu kaweruh di Pondok Pesantren Darul Lughah, Seninan, Desa Akkor, Kecamatan Palengaan, Kabupaten Pamekasan. Usai Lulus MA, Safril melanjutkan studi S1-nya di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo dan Universitas Merdeka Surabaya kemudian menamatkan kuliah S2-nya di Universitas Bhayangkara Surabaya.


Saat kuliah, Safril juga menjadi aktivis organisasi ekstra kampus yaitu  di Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), terakhir menjabat sebagai Ketua 3 PC PMII Surabaya periode 2009-2010.


Ternyata darah aktivisnya tidak pernah pudar, terbukti selepas S1, tepatnya tahun 2012-2015, ia diberi mandat oleh PW Ansor Jawa Timur untuk menyelenggarakan kegiatan SANLAT BPUN (Pesantren Kilat Bimbingan Pasca Unas). Dalam kegiatan tersebut pihaknya memberikan bimbingan intensif gratis bagi anak-anak kurang mampu dari kalangan Nahdlatul Ulama selama satu bulan penuh dalam rangka mengawal anak-anak muda NU untuk masuk di Perguruan Tinggi Negeri dan menjadi kader penggerak NU di kampusnya masing-masing.


Karir organisasi Safril di Ansor ternyata semakin moncer, itu terbukti pada tahun 2014-2016, ia mendapat tugas sebagai Wakil Sekretaris PW GP Ansor Jatim, sekaligus diberi amanah untuk mengelola Ansoruna Business School di Jawa Timur. Ansoruna  Business School adalah penyedia jasa pendidikan, pelatihan dan konsultasi pengembangan usaha di bawah koordinasi Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor. Melalui wadah ini pria yang biasa dipanggil Safril ini aktif menyelenggarakan kegiatan pelatihan pengembangan usaha bagi kader muda NU dalam rangka membangun kemandirian ekonomi kader sekaligus merangkul komunitas anak-anak muda untuk lebih dekat pada NU dan Gerakan Pemuda Ansor.


Pada tahun 2019-2024, Safril mengemban amanah sebagai Wakil Ketua bidang Ekonomi, Koperasi & Pengembangan UMKM PW GP Ansor Jawa Timur dibawah Nahkoda Ketua Pimpinan Wilayah Gus Syafiq Syauqi. Beberapa kali juga ditunjuk sebagai Carateker pengurus Pimpinan Cabang Ansor di Jawa Timur.


Terbaru, saat ini, pada periode kepengurusan Pimpinan Pusat GP Ansor periode 2024-2029, dibawah nahkoda Sahabat Addin Jauharudin, Safril diamanahi sebagai Wasekjend Pimpinan Pusat GP Ansor dan diberi tugas sebagai sekretaris Korwil Jawa Timur.


Tidak hanya itu, pada resepsi puncak peringatan harlah 1 abad NU 2023 yang diselenggarakan di Sidoarjo, dibawah koordinasi Sahabat Addin Jauharudin, Safril juga terlibat dalam penyelenggaraan Nahdlatut Tujjar Fest yang digelar selama seminggu dengan melibatkan ribuan pelaku UMKM.


Kepeduliannya terhadap pelaku usaha kecil dan konsentrasinya akan pemberdayaan ekonomi kader salah satunya dibuktikan dengan melakukan pendampingan terhadap para pengrajin batik tulis di Jawa Timur yang sempat lesu karena pandemi covid 19 dan sulitnya akses pemasaran sehingga banyak para pengrajin batik tradisional yang gulung tikar.


Hal ini menuntun Safril untuk membuat produk berbahan batik tulis yang kemudian diberi nama Sarung Batik Haromain atau disingkat Esbeha. Dimana sudah ada kurang lebih 150 pengrajin batik tulis yang diberdayakan dan terlibat dalam kegiatan usaha tradisional ini.


Masih ada beberapa usaha binaan yang ia lakukan bersama sahabat-sahabat Ansor Banser dalam rangka pemberdayaan dan penguatan ekonomi kader.


Selain kesibukan mengelola usaha dan sekaligus sebagai aktivis muda NU, di lingkungan ia tinggal Safril juga mengemban amanah sebagai Ketua Takmir Masjid Al-Muhajirin Asrama Transito Margorejo Surabaya, Ketua KIM (Kelompok Informasi Masyarakat) dan LPMK Kelurahan Margorejo Surabaya.


Disela-sela kesibukannya, Pemuda yang juga gemar berolah raga ini aktif di kepengurusan Asosiasi Futsal Kota Surabaya, menjadi salah satu dewan pembina pada Wadah Silaturrahmi Khatib Indonesia (WASATHI), Ketua dewan pembina Yayasan Pondok Pesantren Al-Furqon Probolinggo serta saat ini masuk dalam jajaran Majelis Pembina Cabang PMII Kota Surabaya. (Had) 

Bagikan:

Komentar