|
Menu Close Menu

Simulasi Dua Paslon Pilgub Jatim 2024 Versi Survei ARCI, Elektabilitas Khofifah-Emil 60 Persen Lebih

Jumat, 17 Mei 2024 | 20.52 WIB

Baihaki Sirajt, Direktur Eksekutif ARCI. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Surabaya- Lembaga Survei Lembaga Survei Accurate Research And Consulting Indonesia (ARCI) merilis hasil survei terbarunya terkait elektabilitas calon gubernur (Cagub) dan calon wakil gubernur (Cawagub) di Pilgub Jatim 2024 mendatang, Rabu (15/05/2024).


Dalam survei  tersebut, ARCI mencoba melakukan simulasi Pilgub Jatim dengan dua pasangan calon (Paslon) yaitu Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak melawan KH. Marzuki Mustamar- Thoriqul Haq, hasilnya mengejutkan Elektabilitas Khofifah-Emil semakin tidak terbendung bahkan mencapai 60 persen lebih. 


" Kita coba simulasi dua Paslon, hasilnya Khofifah-Emil 60,8 %, sedang KH. Marzuki-Thoriq 25,8 %, dan menjawab tidak tahu 13,5%," jelas Baihaki saat dikonfirmasi media, Kamis (16/05/2024).


Dari survei tersebut menunjukkan bahwa pasangan Khofifah-Emil masih sangat ideal dan berpotensi menang apabila ada dua Paslon di Pilgub Jatim 2024 mendatang. 


" Tetapi saat ini figur lain belum ada yang deklarasi dan bergerak, saat ada yang sudah fix dan bergerak. Bisa saja elektabilitasnya berbeda lagi. Semua kemungkinan masih bisa terjadi, sebab politik ini sangat dinamis," tandas Baihaki. 


Sebatas informasi, survei yang dilakukan oleh ARCI 1-10 Mei 2024. Survei dilakukan dengan menggunakan metode Stratified Multistage Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 1200 responden dan Margin Of Error kurang lebih 2,8 % serta tingkat kepercayaan 95 %. (Had) 

Bagikan:

Komentar