|
Menu Close Menu

Survei ARCI, Elektabilitas Fandi Utomo Masuk Lima Besar di Pilkada Sidoarjo 2024

Jumat, 07 Juni 2024 | 16.50 WIB

Baihaki Sirarjt, Direktur Eksekutif ARCI saat wawancara dengan media. (Dok/Istimewa). 

Lensajatim.id, Sidoarjo- Lembaga Survei Research And Consulting Indonesia (ARCI) kembali merilis hasil survei untuk figur-figur yang berpotensi maju di Pilkada Sidoarjo 27 November 2024. Hasil survei kali ini ada yang menarik, nama Fandi Utomo muncul dalam lima besar Bakal Calon Bupati Sidoarjo 2024. 


"Untuk  lima besar, tertinggi masih Pak Bandi, kemudian ada Mas Iin, Usman, ada juga Fandi Utomo dan Sholeh," jelas Baihaki Sirajt, Direktur Eksekutif ARCI saat rilis survei, Jumat (07/06/2024).


Menurut Baihaki, pihaknya melakukan survei dengan kuisioner secara tertutup mengajukan beberapa nama, hasilnya elektabilitas H. Subandi 42,4 %, Amir Aslikhin 25,8 %, Usman 10,5 %, Fandi Utomo 4,8 %, Sholeh 4,1 %, dan yang menjawab tidak tahu 8,7 %. 


" Analisa kami Pilkada Sidoarjo ini masih sangat dinamis, sebab tidak ada elektabilitas calon yang di atas 50 %. Sehingga kehadiran figur-figur baru seperti Pak Fandi Utomo kalau bergerak melakukan kerja-kerja politik pasti naik juga elektabilitasnya," tandas Baihaki. 


Selain itu lanjut Baihaki, penentuan calon wakil dari setiap pasangan pasti akan menentukan terhadap elektabilitas dan kemenangan Paslon di Pilkada. 


" Makanya pentingnya juga untuk memperhatikan figur calon wakilnya agar bisa mendongkrak elektabilitas," beber Baihaki.


Dalam survei tersebut ARCI juga melakukan simulasi dengan tiga pasangan calon, hasilnya pasangan elektabilitas Subandi-Mimik Indayana 43,6%, kemudian Amir Aslikhin-Zainal Abidin 30,4 %, Fandi Utomo-Tri Susilowati 7,5 %, dan yang menjawab tidak tahu masih 18,5 %. 


Survei ARCI ini dilakukan dalam rentang waktu dari 25 Mei  hingga 1 Juni  2024 dengan metode stratified multistage random sampling. Survei ini dilakukan di Kabupaten Sidoarjo dengan total ada 1.200 responden dengan tingkat margin of error di angka 2,8% dan tingkat kepercayaan di angka 95%. (Had)

Bagikan:

Komentar