|
Menu Close Menu

Hasil Survei Indopol Soal Pilgub Jatim, Elektabilitas Risma Tempel Khofifah

Selasa, 08 Agustus 2023 | 17.22 WIB

Tri Rismaharini, Mensos RI. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id Surabaya – Lembaga survei Indopol Survey and Consulting merilis elektabilitas tokoh di Pilgub Jatim 2024. Perolehannya, Tri Rismaharini yang saat ini Menteri Sosial RI berada di nomor dua setelah Khofifah Indar Parawansa.


Direktur Indopol Survey Jawa Timur Fauzin dalam keterangan tertulis mengatakan bahwa hasil survei tersebut diprediksi bakal mampu melanjutkan kepemimpinannya sebagai Gubernur Jawa Timur jika kembali maju pada Pilkada 2024 mendatang.


"Pertanyaan semi terbuka 8 nama jika pilkada dilaksanakan hari ini, publik akan memilih pertama Khofifah 28,17 persen, dan kedua Tri Rismaharini 17,20 persen," katanya dalam rilisnya, Senin (07/08/2023)


Di bawah dua nama itu, kata Fauzin, ada Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak (9,63 persen), Walikota Surabaya Eri Cahyadi (8,05 persen), dan Bupati Pasuruan Syaifullah Yusuf (4,15 persen).


Berikutnya Bupati Sumenep Ahmad Fauzi (1,95 persen), mantan Bupati Lamongan Suyoto (1,46 persen), dan Menteri Desa Abdul Halim Iskandar (0,37 persen).


"Sementara masih ada 28,17 persen responden menjawab tidak tahu atau tidak jawab," katanya menegaskan.


Fauzan menambahkan, survei ini dilakukan dengan metode penarikan responden multistage random sampling dengan waktu wawancara pada tanggal 5-11 Juli 2023.  


"Jumlah responden sebesar 820 yang tersebar di 38 Kota/kabupaten di Jawa Timur, dengan margin of error kurang lebih 3,5 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen," tandasnya.


Sementara itu, Ketua Umum Jaringan Pemuda Indonesia (JAPAI ), MH. Soleh menyambut baik nama Risma muncul di Hati Masyarakat Jawa Timur sebesar 17,20% dalam kontestasi PILGUB Jawa Timur.


"Tentunya hal ini sangat positif mengingat Bu Risma adalah orang kedua di bawah Bu Khofifah yang ada di hati masyarakat Jawa Timur dalam urusan kepemimpinan," katanya kepada media, Selasa (08/08/2023)


Lebih lanjut, dirinya mengungkapkan bahwa mungkin saat Pilkada benar-benar terjadwal nanti selisih prosentase elektabilitas akan tinggal sedikit dengan incumbent dan suara Relawan sangat membantu signifikan.


"Seperti yang telah JAPAI lakukan. Alhamdulillah, ini adalah pesan positif atas perjuangan kita selama ini," pungkasnya. (Zi/Red).

Bagikan:

Komentar