|
Menu Close Menu

Pemuda Desa Paka'an Dajah Pupuk Semangat Gotong Royong Lewat Perlombaan di Bulan Kemerdekaan

Rabu, 16 Agustus 2023 | 19.59 WIB

Kegiatan Jalan Santai dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-78 di Desa Paka'an Dajah Galis Bangkalan. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Bangkalan- Bulan Agustus  sebagai bulan kemerdekaan memiliki makna tersendiri bagi para pemuda. Di Desa Paka'an Dajah Galis Bangkalan, para pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna Bina Muda memaknai bulan kemerdekaan sebagai momentum untuk merawat semangat gotong royong antar warga. 


Hal itulah yang kemudian mendorong mereka untuk menggelar berbagai macam lomba untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-78 tahun 2023 ini. Kegiatan  itu bertajuk " Gebyar Kemerdekaan HUT RI Ke-78 Bersama Desa Paka'an Dajah", dengan mengangkat tema "Menggugah Semangat Kemerdekaan, Terus Melaju Untuk Indonesia Maju".


Perlombaan yang diselenggarakan untuk berbagai kategori itu dimulai dari 02-13 Agustus 2023. Sedang kategorinya mulai dari  anak - anak, dewasa, Ibu-Ibu, Bapak-bapak dan acara ini turut mengundang instansi lembaga, Polsek Galis dan instruktur senam. 


Hari terakhir kegiatan dimulai dari pagi hari hingga malam. Pagi kegiatan  jalan santai dan pembagian kupon berhadiah. Sedang malam hari pesta rakyat yang dimeriahkan  "Gambus Al - Munsyidin Group" . Kegiatan itu mendapatkan sambutan antusias dari  masyarakat Desa Paka'an Dajah.


" Kegiatan ini diadakan bertujuan untuk menyambut kemerdekaan RI yang ke-78 dengan semangat gotong royong bersama masyarakat Desa Pakaan Dajah," jelas Achmad Turmudzi , Ketua Karang Taruna Bina Muda.  


Ditempat yang sama, H. Fauzi, Kepala Desa Paka'an Dajah mengajak semua lapisan masyarakat agar menjadikan momentum HUT Kemerdekaan RI menjadi pondasi dalam bermasyarakat. 


" Semangat para pahlawan yang berjuang untuk  kemerdekaan Indonesia harus kita pupuk selalu agar masyarakat kita tidak mudah di pecah belah oleh pihak manapun," ajak H. Fauzi. 


Ia juga berpesan kepada para pemuda desa agar selalu kompak dan berperan dalam membangun SDM supaya Desa Paka'an Dajah bisa menjadi desa yang unggul dalam membangun sumber daya manusia (SDM) sehingga  menjadi berkualitas. 


Sekedar diketahui, kegiatan itu terselenggara dengan lancar atas kerjasama serta dukungan  dari Aparatur Desa, Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga  (PKK), Karang Taruna, dan Masyarakat Desa Paka'an Dajah.


Kegiatan itu diharapkan mampu memberikan motivasi semangat juang mengenang jasa para pahlawan.


 "Karena di era sekarang ini, kita hanya menikmati hasil dari perjuangan pahlawan untuk memerdekakan Indonesia," ungkap Drs. KH. Mahrus Ali. 


" Semoga Karang Taruna Bina Muda dan masyarakat Desa Pakaan Dajah terus kompak dan tetap menjaga solidaritas," pungkasnya. (Rid/Had/Red).

Bagikan:

Komentar