|
Menu Close Menu

FPR Audiensi Disdukcapil Soal Pelayanan Kependudukan di Kepulauan

Selasa, 14 Juli 2020 | 18.46 WIB

Foto : Suasana Forum Pemuda Raas saat Audensi dengan Disdukcapil Sumenep

lensajatim id Sumenep - Sejumlah pemuda yang tergabung dalam Forum Pemuda Raas (FPR) Kabupaten Sumenep melakukan audiensi ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil  (Disdukcapil) Kabupaten Sumenep tentang pelayanan kependudukan dikepulauan yang lambat dan sulit.

Perlu diketahui bahwa untuk mencetak KK, KTP, dan Akte saat ini memakai sistem Kewilayahan. Dimana, Kecamatan Raas masuk Wilayah 3 dan hanya bisa mencetak di Kecamatan Gayam.

Sistem ini ternyata tidak menyelesaikan beberapa persoalan tentang pelayanan Disdukcapil. Justru malah semakin ruwt, banyak berkas yang tidak selesai.

"Jadi sistem wilayah ini bukan solusi, mungkin bagi warga sepudi ya tapi untuk warga Raas tidak. Justru malah jadi problem baru" jelas Akhmad Syafi selaku Ketua FPR Sumenep

Oleh karena itu dirinya meminta kepada Disdukcapil agar segera mencari solusi, salah satunya warga raas juga harus disediakan alat untuk bisa mencetak di Raas.

"Harusnya di Raas juga diberi alatnya, karena kondisi pulau ini tidak sama dengan darat. Dan sistem perwakilan dengan surat  kuasa juga diperbolehkan" tegas syafi.

Sementara Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumenep mengatakan komitmen untuk memberi pelayanan yang dapat membahagiakan masyarakat secara keselurahan dengan mempertimbangkan usulan dari para pemuda FPR Sumenep.

Selain itu, Suryadi sebagai salah satu tokoh pemuda kepulauan yang ikut dalam audiensi tersebut mengatakan bahwa komitmen Disdukcapil untuk memberi pelayanan yang terbaik harus dibuktikan dengan pelayanan di bawah.

"Kalau komitmennya bagus, kita setuju. Tapi kan harus selaras dengan pelayanan di bawah. Kalau begini bukan membahagiakan tapi justru  menyulitkan masyakarat" Ujarnya.

Oleh karena itu, audiensi ini akan dilakukan lagi dengan solusi yang sudah diberikan oleh Disdukcapil.

"Nanti kita akan audiensi lagi, tapi kita sudah ada solusi kalau audiensi sekarang kan hanya menyampaikan beberapa temuan persoalan yang ada dibawah" tutup Suryadi. (Hady/Lil)

Bagikan:

Komentar