> Dinas Perikanan Bangkalan Tebar 60 Ribu Bibit Ikan Air Tawar di 3 Titik Sungai Lensajatim.id
|
Menu Close Menu

Dinas Perikanan Bangkalan Tebar 60 Ribu Bibit Ikan Air Tawar di 3 Titik Sungai

Minggu, 27 September 2020 | 21.22 WIB

Foto: Dinas Perikanan Kabupaten Bangkalan

lensajatim.id.Bangkalan - Penebaran benih ikan kembali dilakukan oleh Dinas Perikanan Kabupaten Bangkalan, Madura. Sedikitnya ada 60 ribu bibit ikan airtawar yang ditebar di tiga titik sungai Bangkalan.


Bibit ikan tersebut merupakan bantuan benih dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) untuk dikembangkan. Benih ikan tersebut di tebar di sungai merah Desa Bilaporah, sungai Bancaran bagian hilir dan sungai Tonjung.


Kepala Dinas Perikanan Bangkalan, Muhammad Zaini mengatakan bahwa penebaran ikan dilakukan sebagai bentuk restocking atau penebaran kembali benih ikan.


"Kita mendapatkan bantuan benih dari Pemprov Jatim dan alhamdulillah sudah ditebarkan," katanya. Rabu (23/9/2020)


Penebaran benih ikan tersebut imbuh Zaini, sedikitnya 60 ribu benih ikan airtawar dan akan ditebar di tiga titik sungai di Bangkalan dengan harapan tiga tahun ledepan masyarakat Bangkalan bisa menikmati hasilnya.


"Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi masyarakat. Tolong bagi masyarakat sulaya dijaga, jangan lagi di potasium dan disetrum. Tiga tahun masyarakat bisa menikmati indahnya ikan yang ada diperairan bangkalan" imbuh Zaini.


Sementara itu Masyarakat Pecinta Lingkungan, Dasuki Rahmat menuturkan restocking yang dilakukan Dinas Perikanan Bangkalan merupakan respon positif setelah sebelumnya dilakukan audensi.


"Akhirnya dinas perikanan bangkalan merspon secara positif dan mengajukan bantuan benih ikan ke pemprov jatim," tuturnya


Agenda restocking tersebut, meskipun tidak menyelesaikan masalah yang terjadi baik dari pemcemar lingkungan seperti potasium dan penyetruman ikan.


"Meskipun inj tidak menyelesaikan masalah tetapi setidaknya bisa meringankan," tutup Dasuki. (fat/lil)

Bagikan:

Komentar