|
Menu Close Menu

Peringati HUT RI, Gandeng SSC, Deni Prasetya Tanam 76 Ribu Pohon Pisang Cavendish di Jember-Lumajang

Selasa, 17 Agustus 2021 | 23.06 WIB

Deni Prasetya, Anggota DPRD Jatim saat melakukan penanaman pohon pisang cavendish (Dok/Istimewa)


lensajatim.id Jember-
Berbagai macam cara merayakan Kemerdekaan RI ke 76 yang masih dalam suasana pandemi covid 19. Deni Prasetya Anggota DPRD Jawa Timur bersama  Saduluran Salawase Center (SSC) memilih memperingati HUT Kemerdekaan RI dengan terus mengkampayekan ketahanan pangan dan pengembangan ekonomi masyarakat. 


Politisi asal Partai NasDem Jatim ini bersama SSC melakukan penanaman 76 ribu pohon pisang Cavendish di Kabupaten Jember dan Lumajang, Jawa Timur. 


" Kemerdekaan ini merupakan hak dasar setiap warga negara. Dan kemerdakaan yang subtansial adalah saat kesejahteraan masyarakat itu terwujud secara menyeluruh, makanya kita ajak masyarakat bertani agar sejahtera," tukas Deni saat dikonfirmasi. Selasa (17/08/2021).


Makanya dalam momentum HUT RI ini pihaknya sengaja melakukan penanaman pohon pisang cavendish sebagai upaya memberdayakan masyarakat secara ekonomi. " Kegiatan ini harapannya agar ada peningkatan ekonomi masyarakat, juga upaya menjaga ketahanan pangan masyarakat. Soal angka 76 ribu pohon, ini simbol bila saat ini HUT RI ke 76," tandasnya. 


Aktivis PW GP Ansor Jawa Timur ini menambahkan bila yang dia lakukan bersama SSC bukan hanya saat ini saja. Sebelumnya dirinya sudah melakukan penanaman dengan memanfaatkan lahan-lahan tidur yang tidak produktif. Selain itu kata Deni, pihaknya juga memanfaatkan lahan-lahan disekitar rumah warga untuk ditanami pohon pisang. 


Tidak hanya itu, Deni menuturkan hasil panen pisang cavendish yang selama ini dilakukan juga diolah menjadi makan-makan olahan yang memiliki nilai ekonomi. " Sekaligus pemberdayaan kepada ibu ibu, untuk buat olahan kripik pisang cavendish," bebernya. 


Olahan kripik pisang cavendish (Dok/Istimewa).


Penanaman  76 ribu pohon pisang cavendish menurut Deni terus berlangsung. " Teman- teman relawan dibawah sekarang masih melakukan penanaman, masih berlangsung, semoga ini bermanfaat dan bisa menjadi kegiatan pemberdayaan ekonomi," pungkasnya. (Red)

Bagikan:

Komentar