|
Menu Close Menu

Butuh Figur Perempuan, Gubernur Khofifah dan Hikmah Bafaqih Dinilai Layak Nahkodai IKA PMII Jatim

Minggu, 02 Januari 2022 | 20.19 WIB

Khofifah Indar Parawansa (Gubernur Jawa Timur) dan Hikmah Bafaqih (Anggota DPRD Jatim).


Lensajatim.id, Surabaya-  Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKA PMII) Jawa Timur pada tanggal 9-10 Januari 2022 dipastikan akan menggelar Musyawarah Wilayah (Muswil) II IKA PMII Jatim. Kegiatan itu rencananya untuk kegiatan pembukaan akan dilaksanakan di Gedung Negara Grahadi Surabaya kemudian untuk kegiatan persidangan akan digelar di Kabupaten Bangkalan. 


Salah satu agenda Muswil IKA PMII Jatim adalah memilih Ketua IKA PMII Jawa Timur untuk menggantikan Amin Said Husni (Mantan Bupati Bondowoso) yang akan purna tugas. Sejumlah nama sudah mulai muncul kepermukaan, diantaranya Anwar Sadad (Wakil Ketua DPRD Jatim), Thoriqul Haq (Bupati Lumajang), Baddrut Tamam (Bupati Pamekasan), dan Mathur Husyairi (Anggota DPRD Jatim).


Qoyyimatul Himmah, salah alumni PMII Kota Malang  ikut angkat bicara terkait munculnya sejumlah figur Calon Ketua IKA PMII Jatim. Menurut aktifis perempuan yang akrab disapa Himmah ini, IKA PMII Jawa Timur butuh figur pemimpin perempuan.


" Sudah saatnya IKA PMII Jatim itu dipimpin kader perempuan, dan Insyallah bisa lebih baik," terang Himmah saat dikonfirmasi. Minggu, (02/01/2021).


Perempuan yang juga fungsionaris IKA PMII Cabang Situbondo ini saat disinggung sosok kader perempuan yang layak menahkodai IKA PMII Jatim menjawab dengan diplomatis bila alumni PMII di Jatim yang perempuan dan memiliki kepemimpinan yang kuat itu banyak. " Iya ada Bu Khofifah, yang saat ini Gubernur Jatim. Ada juga Bak Hikmah yang saat ini Anggota DPRD Jatim. Saya kira dua figur itu layak menjadi Ketua IKA PMII Jatim," tandasnya. 


Keduanya, lanjut Himmah memiliki rekam jejak kepemimpinan yang kuat dan tidak perlu diragukan untuk memajukan IKA PMII Jatim dengan segala potensi yang dimiliki. " Bu Khofifah  teruji dalam memimpin Muslimat, kemudian pernah menjabat Mensos RI dan saat ini beliau Gubernur Jatim, nah kalau beliau menjabat Ketua saya yakin akan membawa kemajuan yang signifikan," bebernya. 



Kemudian, perempuan yang aktif di Partai Golkar ini menyebut untuk figur Hikmah Bafaqih. " Kalau Bak Hikmah ini pernah ketua Fatayat NU Jatim, saat ini juga di DPRD Jatim, makanya juga potensinya bagus bila dipercaya memimpin IKA PMII Jatim," ungkapnya. 


Untuk itu, pihaknya berharap, IKA PMII harus memberikan kesempatan bagi kader perempuan terbaik untuk menahkodai IKA PMII Jatim. " Saat ini IKA PMII di daerah juga masih sedikit yang ketuanya perempuan, baru ada beberapa, seperti Gresik, yang Ketuanya Bu Wabup, nah Jatim juga harus ini, biar lebih baik," pungkasnya. (Red).

Bagikan:

Komentar