|
Menu Close Menu

Aeng Tong-tong Sumenep Masuk 50 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022

Kamis, 28 April 2022 | 22.09 WIB

Moh. Iksan, Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Sumenep. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Sumenep- Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf RI)  menggelar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2022.


Dari 50 Desa yang masuk dalam ADWI ada dari Kabupaten Sumenep Jawa Timur. Yaitu Desa Aeng Tong-tong  yang masuk 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI). Sebelum itu, pada tahun 2012, Sumenep dinobatkan sebagai Kota Keris oleh Unesco pada 2012, karena banyaknya jumlah pengrajin keris.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Sumenep, Moh. Iksan membenarkan hal tersebut. Menurutnya, untuk Provinsi Jawa Timur, ada empat desa wisata yang masuk 50 besar ADWI 2022. Salah satunya yaitu Desa Aeng Tong-tong.


“Alhamdulillah, dari ribuan desa wisata se- Indonesia yang ikut dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022 ini, Kabupaten Sumenep bisa mengirimkan satu wakilnya di 50 besar, yakni Desa Aeng Tong-tong,” katanya, Rabu (24/7/2022).


Untuk bisa masuk dalam kategori Anugerah Desa Wisata Indonesia ini. Desa wisata yang didaftarkan harus memiliki kelebihan, salah satunya yaitu dari keindahan alamnya, budaya dan kearifan lokal. Bahkan, Sumenep menyimpan tradisi sejarah yang luar biasa dan ada sekitar 6 ribu lebih keris yang diproduksi setiap bulan, sebagai mahakarya kebudayaan yang luar biasa.


“Saya yakin Aeng Tong-tong bisa bersaing di ADWI, karena desa ini memiliki sekitar 900 empu yang berprofesi sebagai pembuat keris. Dan keris yang dihasilkan oleh Desa Aeng Tong-tong ini sangat luar biasa, sampai diekspor ke mancanegara. Makanya, juri dan Kemenparekraf RI memasukkan Desa Aeng Tong-tong ke 50 besar,” tandasnya.


Saat ini, pihaknya sedang mempersiapkan Desa Aeng Tong-tong untuk menuju proses selanjutnya, yakni ke tahap 7 besar. Dia optimis Desa Aeng Tong-tong bisa masuk ke- 7 besar. Karena pada tanggal 25 Mei 2022, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno akan datang ke Sumenep untuk melihat langsung Sumenep sebagai salah satu desa yang masuk 50 besar ADWI.


“Saya optimis dan punya keyakinan Sumenep bisa masuk 7 besar, karena perwakilan kita, yakni Desa Aeng Tong-tong merupakan satu-satunya desa wisata yang lolos sebagai desa pengrajin keris,” pungkasnya. (Yud/Red).

Bagikan:

Komentar