|
Menu Close Menu

Makna Hari Kartini Bagi Sosok Titik Indrawati

Kamis, 21 April 2022 | 22.13 WIB

Titik Indrawati . (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Surabaya- Momentum tanggal 21 April 2022 memiliki makna tersendiri bagi kaum perempuan Indonesia. Ditanggal itu, segenap warga Indonesia memperingati hari kartini. 


Bagi sosok Titik Indrawati, hari kartini memiliki arti yang sangat penting. " Hari kartini bagi saya hari yang bersejarah tentunya, hari yang luar biasa," kata perempuan yang akrab disapa Titi ini saat dikonfirmasi media. Kamis , (21/04/2022).


Hal tersebut, lanjut perempuan asal Sampang Madura ini dikarenakan sosok RA  Kartini waktu dulu memiliki jasa yang sangat besar dalam memperjuangkan hak-hak perempuan. Saat itu, kata Titi,  perempuan tidak bisa mengenyam pendidikan tinggi-tinggi. "  Intinya waktu itu perempuan dianggap sebagai objek yang lemah," tandasnya. 


Makanya, lanjut Istri dari Ridwan Maliki ini, saat itu RA Kartini berjuang dengan gigih agar perempuan bisa mendapatkan pendidikan yang setara, mendapatkan haknya yang setara dengan laki-laki. 


" Dan perempuan ketika diberikan kesempatan untuk mendapatkan pendidikan yang sama, diberikan kesempatan untuk berkarya, diberikan kesempatan untuk jadi dirinya sendiri, perempuan tidak kalah hebat dari laki-laki," ungkapnya. 


Hasil perjuangan RA Kartini bisa dirasakan oleh kaum perempuan hari ini. Perempuan saat ini bisa merasakan kesetaraan dalam segi pendidikan, dalam bidang ekonomi dan bidang lainnya. 



" Dengan demikian perempuan berkarya, bisa mandiri tanpa kemudian melupakan kodratnya sebagai seorang perempuan, seorang istri dari suaminya, seorang ibu dari anak-anaknya," bebernya.


" Terakhir selamat hari kartini, tetap semangat bagi kaum perempuan, Kartini masa kini, dengan segala problem dan tantangan masing-masing, yakinlah dalam dengan apa yang menjadi semboyan RA Kartini yang menjadi judul bukunya ' Habis Gelap, Terbitlah Terang," pungkas Dewan Pembina G25 Indonesia ini. (Had).

Bagikan:

Komentar