|
Menu Close Menu

Pakai Bahasa Madura, Cak Firman Ajak Warga Probolinggo Masyarakatkan Olahraga

Jumat, 01 April 2022 | 22.54 WIB

Firman Syah Ali, Kabid Keolahragaan Dispora Provinsi Jawa Timur saat memberikan sambutan dalam acara Turnamen Bola Voli Pandawa Cup 2022 di Desa Nogosaren, Kecamatan Gading, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. (Dok/Istimewa)

Lensajatim.id, Probolinggo- Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan (Dispora) Provinsi Jawa Timur menghadiri penutupan Turnamen Bola Voli Pandawa Cup 2022 di Desa Nogosaren, Kecamatan Gading, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Jumat, ( 01/04/2022) malam. 


Dalam kegiatan tersebut, Firman Syah Ali, Kabid Keolahragaan hadir mewakili Kadispora Provinsi Jawa Timur, Pulung Chausar. 


Dalam sambutannya, Firman Syah Ali atau yang akrab disapa dengan Cak Firman memberikan semangat dan ajakan untuk memasyarakatkan olahraga. Uniknya, ajakan tersebut disampaikan dengan menggunakan bahasa Madura. 


" Olahraga ka'dinto sae kanggui ajege kasehaten (olahraga ini baik untuk menjaga kesehatan), kesejahteraan dan persatuan bangsa. Olahraga adalah cari teman bukan cari musuh, cari sehat bukan cari tawuran. Setuju tetap kompak dan rukun menonton pertandingan?," tanya Cak Firman dalam bahasa Madura. Dijawab oleh masyarakat penonton "Setujuuuu, siap kompaaak!".


Sontak, sambutan birokrat asal Pamekasan Madura ini disambut tepuk tangan yang meriah oleh para penonton. Firman lalu mengajak masyarakat yang hadir untuk terus memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat, karena kesadaran berolahraga tidak bisa dipaksakan oleh pemerintah, harus berangkat dari kesadaran kolektif masyarakat, sedangkan pemerintah hanya motivator dan fasilitator.


Cak Firman mengawali dan mengakhiri sambutannya dengan yel-yel, ' Salam Olahraga!', Salam Olahraga!', Salam Olahraga!' , yang kemudian yang dijawab dengan kompak oleh masyarakat yang menonton dengan jawaban, "Jayaaa!"


Sekedar diketahui,  Turnamen Bola Voli Pandawa Cup 2022 ini diselenggarakan oleh relawan Penggerak Olahraga Masyarakat (POM) Jawa Timur bekerjasama dengan PBVSI Probolinggo dan pihak sponsor.


Turnamen ini diikuti oleh berbagai Klub Bola Voli dari berbagai Kecamatan di Kabupaten Probolinggo. Berdasarkan informasi yang diterima turnamen tersebut diikuti oleh 64 Klub Tim Putra, Tim Putra U20 sebanyak 20 dan Tim Putri sebanyak 8. Kegiatan itu berlangsung sejak 1 Maret 2022-1 April 2022. Tampak hadir juga dalam kegiatan itu perwakilan dari Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata, dan Kebudayaan (Dispora Parbud) Kabupaten Probolinggo. (Had).

Bagikan:

Komentar