|
Menu Close Menu

Bahas Reaktivasi Jalur Kereta Api, Bupati Fauzi Temui Menhub

Kamis, 18 Mei 2023 | 18.46 WIB

Bupati Sumenep, Achmad Fauzi saat bertemu dengan Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi di Jakarta. (Dok/Istimewa). 

Lensajatim.id Jakarta – Memperjuangkan aspirasi masyarakat Madura, Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo, menemui Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Jakarta pada Rabu (17/5/2023) kemaren.


Diketahui, salah satu pembahasan yang disampaikan langsung oleh Bupati Fauzi yakni terkait penyegeraan reaktivasi jalur kereta api di Pulau Madura. 


Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) PDIP Sumenep itu menjelaskan bahwa dengan dihidupkannya lagi jalur kereta, selain mampu mengurai kemacetan yang kian Panjang, juga membuat pengiriman logistik semakin efisien. 


“Alhamdulillah respons Pak Menteri semuanya positif. Insya Allah apa yang menjadi keinginan masyarakat Madura, bisa segera terealisasi,” katanya kepada sejumlah awak media.


Lebih lanjut, dirinya menjelaskan reaktivasi kereta Madura merupakan amanat dari Peraturan Presiden Nomor 80 Tahun 2019.


"Karenanya, realisasi aturan tersebut harus terus disuarakan biar isunya tidak dingin," katanya Bupati muda yang namanya sering muncul dalam bursa Calon Gubernur Jatim ini.


Selain reaktivasi kereta, lanjut Bupati Fauzi, pertemuan dengan Menhub turut membahas pengembangan moda transportasi lain, yakni laut dan udara. Untuk transportasi laut, Fauzi mengusulkan ada penambahan armada kapal yang melayani pelayaran ke pulau-pulau di Sumenep. 


"Keberadaan tol laut itu dinilai penting, lantaran dapat meningkatkan konektivitas antarwilayah, sehingga kegiatan pengiriman logistik bisa menjadi lebih mudah," ungkapnya.


Sementara terkait transportasi udara, pertemuan Bupati Sumenep dengan Menhub turut membahas pengembangan Bandara Trunojoyo di Sumenep. 


“Bandara ini cukup megah, tapi operasionalnya terhambat akibat melonjaknya harga avtur. Kami ingin menyampaikan sejumlah formulasi agar penerbangan di bandara kembali diadakan,” jelas Fauzi. 


Terkait penerbangan, Fauzi ingin pemerintah pusat membantu membuka penerbangan komersil, dengan rute perjalanan Kabupaten Sumenep-Surabaya atau sebaliknya. Fauzi juga menyarankan agar ada bandara air street di kawasan Masalembo, masuk dalam wilayah administrasi Kabupaten Sumenep.


“Kami ingin ada penerbangan langsung dari Sumenep ke Masalembu agar memangkas jarak perjalanan yang membutuhkan waktu selama 23 jam dengan kapal laut. Kami ingin ada bandara air street di Masalembo, sehingga bisa dilakukan penerbangan perintis untuk mengantar logistik,” kata Fauzi.


Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan, membantu masyarakat di Pulau Madura, termasuk Sumenep, merupakan salah satu tugas yang telah diamanatkan langsung oleh Presiden Joko Widodo. 


"Madura ini harus dibangkitkan dengan aksesibilitas yang lebih masal, karena punya potensi besar. Kami akan bantu membangun fasilitas untuk menunjang angkutan massal dan komersil," pungkasnya. (Zi/Red)

Bagikan:

Komentar