|
Menu Close Menu

Survei Charta : Sandi Teratas Sebagai Cawapres, Mahfud MD Salip Erick Thohir, AHY hingga Khofifah

Senin, 15 Mei 2023 | 23.12 WIB

Menko Polhukam RI, Mahfud MD. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id Jakarta – Lembaga survei Charta Politika Indonesia kembali merilis hasil survei terkait dengan elektabilitas bakal calon wakil presiden (cawapres) pada Senin (15/05/2023).


Hasil survei tersebut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno di posisi pertama dengan perolehan 19,8 persen.


Diketahui, Survei Charta Politika dengan metode wawancara tatap muka (face to face interview) dengan metode multistage random sampling. Responden survei berjumlah 1.220 dengan margin of error sebesar 2,82%.


Responden yang terlibat dalam survei berusia minimal 17 tahun atau sudah memenuhi syarat pemilih. Survei dilakukan di seluruh provinsi di Indonesia dengan quality control 20% dari total sampel. Survei diselenggarakan pada 2-7 Mei 2023.


Direktur eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya menjelaskan, di posisi kedua ada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan hasil 18,4 persen.


Namun, yang mengejutkan diposisi ketiga muncul nama Menko Polhukam Mahfud MD dengan perolehan yang hampir mendekati dua nama sebelumnya, yakni 15,2 persen.


"Posisi ketiga mengagetkan, nama baru, tidak pernah dibahas terlalu banyak Pak Mahfud peringkat tiga. Dan masuk di angka belasan persen dan tidak terlalu jauh berbeda dengan 2 nama teratas," katanya.


Lebih lanjut, dirinya mengungkapkan bahwa Mahfud MD mampu menyalip elektabilitas Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang memperoleh 10,9 persen. 


"Sedangkan Menteri BUMN Erick Thohir yang mendapatkan elektabilitas sebesar 9,2 persen," paparnya.


Yunarto Wijaya menambahkan, elektabilitas Mahfud mampu mengalahkan perolehan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (5,8 persen) dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin (3,5 persen).


"Mahfud mampu menyalip AHY, Erick Thohir, Khofifah, Cak Imin yang kita tahu lebih rajin safari politik," tandasnya. (Tim)

Bagikan:

Komentar