|
Menu Close Menu

Gus Amri Sebut Pentingnya Pendidikan Karakter bagi Anak

Senin, 09 Oktober 2023 | 23.45 WIB

 

Mohammad Haerul Amri, Anggota Komisi X DPR RI. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Malang- Anggota Komisi X DPR RI Haerul Amri menekankan pentingnya pendidikan karakter bagi anak. Mengingat, semakin berkembangnya teknologi, anak semakin mudah mengakses berbagai hal hanya dengan menggunakan gadget.


"Saya kira ini juga harus digalakkan di setiap sekolah, apapun sekolahnya, apapun latar belakang sekolah itu, pendidikan karakter. Oleh karenanya harus ada belajar di luar ruang kelas, bagaimana anak-anak didik juga dibawa ke lembaga-lembaga keagamaan," ujar Haerul Amri di sela Kunjungan Kerja Komisi X di Malang, Jawa Timur, Rabu (4/10).  


Pendidikan karakter, tambah Gus Amri, sapaan akrab Haerul Amri, salah satunya adalah melalui pembelajaran ilmu-ilmu agama. Ia menilai, pendidikan ilmu agama perlu ditingkatkan. Tidak hanya melalui pendidikan formal di sekolah tetapi juga di rumah-rumah ibadah. Pendidikan agama penting untuk membangun karakter anak bangsa yang berakhlakul karimah.


"Kalau Islam, misalnya di masjid, pesantren; kalau yang Kristen, misalnya di gereja. Agar anak-anak tau betul bahwa yang sesungguhnya kita belajar adalah untuk membangun karakter anak bangsa yang berakhlakul karimah," jelas Gus Amri.


Selain itu, legislator NasDem dari Dapil Jawa Timur II (Probolinggo-Pasuruan) itu juga berpesan kepada semua orangtua agar dalam menitipkan anak di sekolah tidak hanya untuk membuat anak menjadi pintar dan cerdas tetapi lebih dalam lagi agar anak memiliki etika dan tata krama yang baik.


"Saya mohon betul kepada orangtua, ketika memberikan, menitipkan anak-anak untuk sekolah itu harus betul-betul ikhlas. Saya yakin bahwa marahnya cubitan seorang guru itu adalah marah kasih sayang. Saya berpesan sekali lagi, mari kita didik anak kita untuk cerdas, bukan hanya untuk pintar tetapi juga untuk membangun karakter berakhlakul karimah, akhlak yang baik dan terpuji," pungkasnya. (dpr/*)

Bagikan:

Komentar