|
Menu Close Menu

Jelang Pemilu 2024, Begini Sikap Mahasiswa Pancasila Jawa Timur

Minggu, 07 Januari 2024 | 10.09 WIB

Oktaviani Krisnawati, Ketua DPD Mahasiswa Pancasila (MAPANCAS) Jawa Timur. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Surabaya- Ketua DPD Mahasiswa Pancasila (MAPANCAS) Jawa Timur Oktaviani Krisnawati S.Sos memberikan kebebasan memilih kepada anggota dan kadernya sesuai hati nurani pada pemilu 2024.


" Soal pemilihan presiden dan wakil presiden kita kembalikan ke hati nurani kader MAPANCAS. Tapi soal memilih calon anggota legislatif (caleg) kami mendorong untuk memilih dari kader,"  kata Oktaviani  saat dikonfirmasi media, Minggu (07/01/2024).




Saat ini, kata Oktaviani, sejumlah kader MAPANCAS menjadi caleg dari beragam partai politik. Mulai dari PDIP, Hanura, PPP, Perindo dan lainnya. 


"Secara politik MAPANCAS memang independen, namun mendukung caleg yang maju dalam pileg 2024 adalah pertarungan ideologis," tandasnya.


Dikonfirmasi secara terpisah,  Cak Sudarsono selaku Dewan Penasehat MAPANCAS Jawa Timur mengatakan hal yang senada, bahwa pada pemilu 2024 hendaknya kader memilih dengan cerdas dan sesuai dengan hati nurani. 


"Ketika begitu banyaknya berita dan isu-isu yang disampaikan ke ruang publik sehingga sebagian masyarakat bingung menyikapi,  saatnya hati nurani yang bicara." ujar Cak Dar, panggilan akrab Sudarsono.


Mahasiswa Pancasila (MAPANCAS) adalah organisasi kader yang berazaskan Pancasila didirikan pada 28 Oktober 1958 oleh Jenderal Besar A H. Nasution. Struktur organisasi MAPANCAS mulai dari DPP, DPD Propinsi, DPD Kabupaten/ Kota hingga Koordinator Perguruan tinggi (Korti). Ketua umum MAPANCAS yang pertama adalah DR. David Napitupulu yang juga menjadi Ketua Umum pertama KNPI. Semboyan MAPANCAS adalah "Sekali layar terkembang, surut kita berpantang." (Had).

Bagikan:

Komentar