|
Menu Close Menu

Mahasiswa Universitas Brawijaya Gelar Pengabdian Kepada Masyarakat di SLB Yasmin Sumenep

Selasa, 16 Januari 2024 | 08.20 WIB

Festival Brawijaya tahun 2024 yang digelar oleh Mahasiswa Universitas Brawijaya yang tergabung dalam BUSS di SLB Yasmin Pabian Sumenep. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Sumenep- Forum Daerah Mahasiswa Brawijaya University Students from Sumenep (BUSS) kembali menggelar Brawijaya Festival 2024. Kegiatan yang merupakan program tahunan itu menjadi bentuk pengabdian kepada masyarakat dengan mengangkat tema " Melodi Warna Inklusi: Bersama Disabilitas dalam Seni”. 


Kegiatan yang mengusung semangat inklusifitas pendidikan bagi setiap orang, termasuk teman-teman kita yang memiliki kebutuhan khusus, ini bekerja sama dengan Sekolah Luar Biasa (SLB) Yasmin Pabian Sumenep.


Rahmat Rayansha  Ketua Umum BUSS Sumenep menyampaikan bahwasanya kegiatan ini bertujuan untuk melatih kreativitas dan bakat siswa disabilitas dalam mengembangkan potensi mereka.


"  Melalui kegiatan ini, kami berharap dapat memberikan kesempatan yang sama bagi siswa disabilitas untuk belajar dan berkembang sesuai dengan kemampuan masing-masing," jelasnya kepada media, Senin (15/01/2024).


Ia menambahkan, Brawijaya Festival diinisiasi oleh para mahasiswa sebagai wujud dari keinginan mereka untuk menerapkan prinsip-prinsip Tri Dharma Perguruan Tinggi dan sebagai bentuk pengabdian terhadap daerah asal mereka, Kabupaten Sumenep. 


Selain pengabdian masyarakat, program kerja Brawijaya Festival 2024 juga turut menggelar rangkaian acara lainnya seperti BUSS Visit School (BVS), Try Out UTBK SNBT, serta Awarding Night & Expo Campus.


Di tempat yang sama, Fadhilah Wakil Ketua BUSS Sumenep juga menuturkan kalau kegiatan yang digelar itu menekankan pentingnya memberikan dukungan dan peluang yang setara bagi semua siswa, tanpa memandang latar belakang atau kondisi fisik. Pihaknya berharap kegiatan ini dapat menjadi langkah awal untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan mendukung perkembangan optimal bagi semua siswa.


Gayung bersambut, kegiatan itu ternyata mendapat sambutan yang positif oleh jajaran guru dan siswa SLB Yasmin. Terlihat para siswa begitu antusias mengikuti kegiatan itu, sehingga acaranya berjalan dengan lancar dan sukses. (Yud)

Bagikan:

Komentar