|
Menu Close Menu

Survei ARCI Pilgub Jatim 2024, Elektabilitas Khofifah Tetap Tertinggi, Bupati Fauzi Nomor Tiga dan Urutan Kelima KH. Marzuqi Mustamar

Rabu, 15 Mei 2024 | 17.35 WIB

Baihaki Sirajt, Direktur Eksekutif ARCI. (Dok/Istimewa). 

Lensajatim.id, Surabaya- Lembaga Survei Lembaga Survei Accurate Research And Consulting Indonesia (ARCI) merilis hasil survei terbarunya terkait elektabilitas calon gubernur (Cagub) dan calon wakil gubernur (Cawagub) di Pilgub Jatim 2024 mendatang. Hasilnya elektabilitas Khofifah Indar Parawansa masih tertinggi, lalu disusul Anwar Sadad dan Achmad Fauzi. 


" Terbaru survei kami tertinggi masih Bu Khofifah yaitu diangka 42,1 %, lalu Anwar Sadad 13,8 %, dan urutan ketiga ada Fauzi 11,2%," jelas Baihaki Sirajt, Direktur Eksekutif ARCI saat rilis hasil survei di Hotel Elmi Surabaya, Rabu (15/05/2024).


Hasil itu lanjut Baihaki berdasarkan survei secara tertutup dengan menyodorkan nama-nama. Selain tiga nama itu, muncul juga Sarmuji 10,9 %, KH. Marzuqi Mustamar 10,7 % , Ida Fauziyah 9,2 % dan menjawab tidak tahu 2,1%. 


" KH. Marzuki Mustamar dan Bu Ida Fauziyah ini bila benar-benar maju bisa saja diusung PKB. Kalau yang diusung KH. Marzuki ini tentu saja suara NU berpotensi pecah di Pilgub Jatim," tandas Baihaki. 


Elektabilitas Khofifah dengan angka dibawah 50 persen dalam survei dengan pertanyaan tertutup itu bisa dikatakan belum begitu aman. 


" Nanti kalau sudah muncul figur-figur lain itu bisa berubah. Bisa saja tambah naik atau turun, tergantung dinamika dan figur pesaingnya," ungkapnya. 


Sebatas informasi, survei yang dilakukan oleh ARCI 1-10 Mei 2024. Survei dilakukan dengan menggunakan metode Stratified Multistage Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 1200 responden dan Margin Of Error kurang lebih 2,8 % serta tingkat kepercayaan 95 %. (Had) 

Bagikan:

Komentar