> Posko Covid-19 Desa Kranggan Timur. Ini Pesan Kades Jauhari Lensajatim.id
|
Menu Close Menu

Posko Covid-19 Desa Kranggan Timur. Ini Pesan Kades Jauhari

Jumat, 24 April 2020 | 21.36 WIB

Foto: Kepala Desa Kranggan Timur (kiri) bersama relawan gugus covid19
lensajatim.id.Bangkalan - Dalam rangka mengantisipasi penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Desa Kranggan Timur, Galis, Bangkalan, Madura. Pemerintah Desa mendirikan posko siaga covid-19.

Inisiatif penambahan ruang isolasi dilakukan pemerintah desa demi menggugah kesadaran yang lebih besar bagi masyarakat sekitar. Pendirian posko siaga corona, dimotori langsung oleh Kepala Desa (Kades) Kranggan Timur.

Kades Karanggan Timur, Jauhari jika ruang isolasi bisa digunakan untuk status orang ODP yang tidak mau melakukan isolasi mandiri di rumah maka akan diisolasi di posko.

"Kami beri pelayanan ini, agar supaya warga kami tidak terpapar virus corona, lebih baik mencegah daripada mengobati," kata Jauhari. Jum'at (24/4/2020)

Jauhari menambahkan bentuk pencegahan Covid-19 yang masuk kewilayah Desa Kranggan Timur, relawan akan melakukan pendataan setiap orang yang masuk dan akan menghimbau untuk mencuci tangan sebelum masuk.

"Bagi warga pendatang atau warga Desa yang baru kembali dari luar kota agar dapat termonitor kondisi kesehatannya dan siap menjalani masa ODP mandiri selama 14 hari," terang Jauhari.

Kades Jauhari berharap kepada masyarakat Desa untuk dapat melaporkan diri apabila baru datang dari luar kota ke Posko, selalu menjaga pola hidup bersih dan sehat, gunakan masker apabila keluar rumah, silakan pedomani Sosial Distancing dan Physical Distancing.

"Semoga kita selalu diberi kekuatan dan dilindungi Allah SWT dalam menghadapi musibah wabah corona ini, amin," ungkapnya

Sedangkan Bidan Desa Kranggan Timur Haratul Lisan, menjelaskan, relawan tanggap COVID-19 di tingkat desa yang tergabung dalam posko bersama nantinya akan menjadi garda depan pencegahan dan penanganan pandemi virus Corona di tingkat Desa.

"Tim yang tergabung dalam posko tersebut bakal memantau setiap ODP virus Corona untuk tetap menjalani isolasi mandiri, mengumpulkan laporan dari relawan tingkat dusun, puskesmas dan pemerintah Kecamatan," paparnya

Sementara itu, Anggota DPRD Bangkalan Hatta Kunaifi mengatakan keberadaan posko bersama tanggap covid-19 memang sudah menjadi salah satu prioritas dalam penanganan penyebaran virus Corona di tingkat desa.

"Saya apresiasi Posko kesehatan penanganan covid-19 di Kranggaan Timur dijaga 24 jam nonstop oleh para relawan. Di posko ini juga disediakan baju alat pelindung diri (APD), hand sanitizer, cairan disinfektan dan masker," katanya

Hatta berpesan agar penggunaannya bisa dimanfaatkan sebaik mungkin  dalam memutus mata rantai penyebaran virus corona. Jangan main-main. Manfaatkan sebaik mungkin.

"Saya menghimbau agar setiap desa yang menganggarkan dana untuk penanganan covid-19 agar bekerja aktif. Terutama dalam menyambut kedatangan para perantau yg mulai datang dari segala penjuru indonesia atau luar negeri," kata Politisi PKS ini.(pol/lil)

Bagikan:

Komentar