|
Menu Close Menu

Garnita Malahayati NasDem Bojonegoro Dorong Kebangkitan UMKM di Masa Pandemi Covid 19

Sabtu, 13 Maret 2021 | 13.42 WIB

 


lensajatim.id Bojonegoro - Pandemi Covid-19 masih saja menghantui semua sisi kehidupan masyarakat. Masa ini adalah masa tersulit bagi semua, berbagai  sektor mengalami keterpurukan akibat pandemi yang tentu ujung-ujungnya berimbas besar pada kondisi ekonomi. Krisis ekonomi yang sedang terjadi adalah imbas pandemi.


Pemerintah dan masyarakat terus berusaha mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 agar kehidupan kembali normal. Berbagai jaminan sosial diberikan agar rakyat mampu bertahan ditengah badai krisis ini.


Tapi berbeda dengan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), meski kondisi krisis menerpa, nyata-nyata usaha kecil ini paling mampu bertahan dimasa sulit ini. Meski, banyak yang mengalami penurunan secara drastis. Untuk terus memberikan support pada UMKM, Garnita Malahayati NasDem Bojonegoro menggelar Webinar bertajuk "Transformasi dan Kiat Sukses Mendongkrak Kehidupan UMKM Dimasa Pandemi Covid-19", Sabtu (13/3/2021).


Sudarto, SH, MM selaku Penasehat Dekopinda Bojonegoro sekaligus Lapenkop Jawa Timur dalam materinya mengupas tuntas keberhasilan UMKM ditengah pandemi Covid-19.


"Peran pemerintah, partai dan semua pegiat usaha perlu terus didorong agar kebangkitan UMKM dimasa pandemi ini terus terdongkrak," tukasnya saat memaparkan materinya dalam kegiatan tersebut. 


Menurutnya, UMKM sebagai salah satu usaha yang tahan banting dimasa pandemi karena memang jumlahnya yang begitu besar. Sudarto mengaku, bak tanaman, UMKM seperti patah tumbuh hilang berganti sehingga sangat kuat diterpa badai pandemi.


Kristianingsih seorang pegiat UMKM sekaligus pemilik Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Swadaya di Bojonegoro sebagai narasumber juga mengatakan jika transformasi digitalisasi tak bisa terhindarkan.


"Ketika masih banyak pelaku UMKM yang minim pengetahuan digital, menjadi tugas berat semua pihak untuk terus memberikan fasilitasi peningkatan mereka, utamanya dalam pemasaran," tutur wanita pemberdaya ini.


Sementara itu, Ida Rumiyati Ningsih, SH selaku Ketua Garda Wanita (Garnita) NasDem Bojonegoro menyampaikan bahwa kegiatan ini sengaja dilakukan untuk memberikan support bagi UMKM Bojonegoro dimasa pandemi Covid-19 ini.


"Ini ikhtiar Garnita NasDem Bojonegoro untuk terus membangkitkan UMKM, kita akan segera menindaklanjuti seluruh hasil Webinar untuk terus mendongkrak kehidupan IMKM,” tutur politisi NasDem ini.


Kegiatan Webinar pagi ini terlihat membahas problematika dan permasalahan yang dialami UMKM, mulai kebijakan hingga tataran teknis lapangan disertai berbagai terobosan solusi pemecahannya. Rekomendasi dan tindaklanjut kegiatan bagi UMKM di Bojonegoro diharapkan dapat terus membangkitkan usaha kecil dengan transformasi dan kiat-kiat khusus yang sudah didapat dari kegiatan ini. (Redaksi)

Bagikan:

Komentar