|
Menu Close Menu

Mengenal Ning Luluk, Akademisi sekaligus Aktivis Fatayat NU Jawa Timur

Minggu, 25 Juli 2021 | 21.21 WIB

Dr. Hj. Luluk Mashluchah, S.H.I., M.Pd.I, Dosen sekaligus Aktivis Fatayat NU Jawa Timur (Dok/Istimewa)


lensajatim.id Surabaya-
Ning Luluk, begitulah panggilan akrab perempuan yang memiliki nama lengkap Dr. Hj. Luluk Mashluchah, S.H.I., M.Pd.I. Perempuan kelahiran, Jember  15 Juni 1980, saat ini menekuni profesi sebagai dosen di STAI Al-Akbar Surabaya dan Dosen tetap Yayasan Nahdlatul Ulama tepatnya di Universitas Islam Jember Fakultas Tarbiyah sejak 2013 hingga sekarang. 


" di STAI Al-Akbar Surabaya  saya mengajar bidang pendidikan seperti evaluasi pembelajaran, tematik Integratif, MKDU di jurusan PGMI & Ushuluddin," cerita Ning Luluk saat diwawancara. Sedangkan di Universitas Islam Jember bidang keahlian saya adalah Managemen Pendidikan Islam dan juga ada beberapa mata kuliah seperti Media dan Tehnologi pembelajaran, sejarah pendidikan Islam, materi PAI dan banyak lagi, walaupun begitu diluar bidang pendidikan saya juga mengajar mata kuliah keagamaan seperti Study Hadis, Hadis, Hadis Tarbawy dll. Minggu (25/07/2021).

 

Putri dari Kiai Mohammad Cholil Noor (Alm) dan Nyai Hj. Siti Kholifah ini memiliki segudang aktivitas lain selain menjadi dosen. Salah satunya, Ning Luluk ini aktif dibeberapa organisasi, ia pernah menjadi Ketua Dharma Wanita Persatuan Kementerian Agama Kabupaten Probolinggo (2010-2012), Sekretaris Dharma Wanita Persatuan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur (2012-2016) Ketua Dharma Wanita Persatuan Kementerian Agama Kabupaten Jember (2016-2018), Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Kediri (2018-2019), Ketua Dharma Wanita Persatuan Kementerian Agama Kabupaten Lumajang (2019-2020), juga Ketua Yayasan Perwanida dibawah naungan Kementerian Agama mulai 2008-2020.


Ning Luluk ini menyelesaikan pendidikan dasar di SDN Langkap 03 Bangsal Sari Jember (lulus 1991), kemudian melanjutkan di MTs Darussalam Jember (lulus 1995), dan kemudian di MA Darussalam Jember jurusan IPS (lulus 1998). Selain di Pendidikan formal Ia juga pernah nyantri di PP Darussalam Jember dibawah asuhan Kiai Haji Abdusshomad.


Nah, kiprah dan perjalanannya di organisasi ternyata sudah sejak di bangku kuliah. Ning Luluk ini kuliah di STAIN Jember (sekarang UIN KHAS Jember) yang pada saat itu Rektornya adalah Drs. Mahjuddin M.Pd.I. Lulus (S1) pada tahun 2002 dan dilanjutkan (S2) di STAIN Jember Angkatan I pada tahun 2008 dan mendapatkan gelar Magister pada tahun 2010 pada saat itu Direktur Pasca Sarjana Prof. Dr. H. Babun Suharto. M.M.


Saat menjadi mahasiswi di STAIN Jember inilah ia aktif di organisasi mahasiswa ekstra kampus yaitu Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) sebagai pengurus bidang pendidikan (1998-2002). Selain itu ia juga aktif dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan merintis sebuah Lembaga yang bergerak dalam bidang Pendidikan sosial dan dakwah Islam yaitu Ma’had Dirosatil Qur’aniyyah Riyadlul Qori’in Ajung Jember dan tetap eksis sampai saat ini. Terdiri dari beberapa Lembaga pendidikan formal dan non formal diantaranya adalah Pesantren Mahasiswa, Tahsin, Tahfidz, & Tilawah Al-Qur’an, Madrasah Diniyah, TPQ (Taman Pendidikan Al-Qur’an), MI ( Madrasah Ibtida’iyyah ), RA (Raudlatul Athfal ).


Tidak cukup disitu, Ning Luluk juga melanjutkan studi mengambil program doktoral di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya dengan Program Studi “Studi Islam/Dirosah Islamiyah” dan berhasil mendapatkan gelar Doktor pada tahun 2019.


Saat kuliah S3 di Surabaya ini, ia juga sambil aktif di organisasi perempuan dibawah naungan NU yaitu Fatayat NU Jawa Timur. Ia duduk di bidang dakwah pada periode (2012-2017) dan bidang Lembaga Konsultasi, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (LKP3A) periode (2018-2022). Tidak hanya di Fatayat NU Jawa Timur, Ning Luluk juga aktif di Partai besutan Surya Paloh yaitu Partai NasDem. Di NasDem ini, Ning Luluk menjadi Dewan Pakar DPW Partai NasDem Jawa Timur dan Dewan Pakar Gerakan Wanita NasDem (Garnita Malahayati) Jawa Timur mulai 2014-sekarang. 


Ning Luluk, memiliki ketekunan dan keseriusan yang luar biasa dalam menempuh kuliah. Terbukti, berhasil memiliki beberapa karya tulis yang diterbitkan, diantaranya yang berjudul “Dimensi Religiusitas Agensi Pendidikan Politik Partai NasDem Jawa Timur (2020) Jurnal Islamica Pasca Sarjana UIN Sunan Ampel Surabaya.


Di dunia politik, Ning Luluk tidak hanya sekedar menjadi Pengurus Partai saja. Tapi saat ini ia juga mendapatkan amanah sebagai Tim Ahli Pakar Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD Jember). Selain itu, saat ini ia juga aktif sebagai Sekretaris Komisi Ukhuwah Islamiyah dan Hubungan Antar Umat Beragama Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Jawa Timur. 


Saat disinggung terkait segala aktivitas yang ia lakukan. Ning Luluk menjawab karena ingin memberikan manfaat pada sesama. " Sebaik-baik manusia adalah mereka yang mampu memberikan manfaat untuk manusia lainnya. Berjuanglah tanpa batas, tidak mengenal lelah, tidak meghiraukan waktu, jarak. Teruslah menebarkan manfaat dan mengharapkan barokah dimanapun, kepada siapapun dan sampai kapanpun,” pungkas Ning Luluk. (Had)

Bagikan:

Komentar