|
Menu Close Menu

Kaprodi Akuntansi Kawal Sosialisasi Mata Kuliah Berpraktikum di Universitas Terbuka Surabaya

Minggu, 10 Oktober 2021 | 11.49 WIB

Tangkap Layar Kegiatan Sosialisasi Mata Kuliah yang Berpraktikum oleh UT Surabaya secara online. (Dok/Istimewa).


Lensajatim.id Surabaya-Universitas Terbuka Surabaya selalu berupaya memberikan layanan prima kepada seluruh mahasiswa untuk menunjang mandiri belajar. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melakukan sosialisasi khusus Mata Kuliah yang Berpraktikum.  


Secara sederhana Dr. Hendrian, S.E., M.Si selaku, Kajur S1-Akuntansi FE UT pada, 10/10/2021 menjelaskan perbedaan antara mata kuliah praktik dan mata kuliah praktikum dan mata kuliah berpraktik dan berpraktikum. Menurutnya untuk yang pertama lebih menekankan mata kuliah yang nilai akhirnya hanya ditentukan oleh nilai yang diperoleh dari hasil kegiatan praktik (tidak ada UAS)." Kedua, mata kuliah yang nilai akhirnya ditentukan oleh nilai praktik/praktikum dan nilai UAS," terang Hendrian. 


Ia kemudian juga menjabarkan beberapa mata kuliah yang berpraktikum yang ada di Program Studi Akuntansi adalah EKSI4101-Laboratorium Pengantar Akuntansi untuk semester 2 (sudah mengambil MK Pengantar Akuntansi (EKMA4115) dan EKSI4414-Laboratorium Auditing untuk semester 6 (sudah mengambil Mk Auditing 1 (EKSI4308) dan wajib bagi semua mahasiswa Akuntansi baik masukkan SMA atau alih kredit karena merupakan MK pendukung TAP). 

Tangkap Layar Kegiatan Sosialisasi Mata Kuliah yang Berpraktikum UT Surabaya. (Dok/Istimewa)


Sedangkan, lanjutnya  untuk mata kuliah berpraktikum di Program Studi Akuntansi Keuangan Publik terdiri dari EKSI4101-Laboratorium Pengantar Akuntansi (untuk semester 2), EKSI4422-Laboratorium Akuntansi Kecamatan dan Desa (untuk semester 5), EKSI4420-Laboratorium Akuntansi Pendidikan (untuk semester 5), EKSI4421 -Laboratorium Akuntansi Kesehatan (untuk semester 7), dan EKAP4402-Laboratorium Audit Sektor Publik (untuk semester 7). 


Jenis bantuan belajar dalam pelaksanaan mata kulaih berpraktikum bisa melalui praktik online (praton) dan tutorial webinar/tutorial tatap muka. Secara detail ia lebih lanjut menjelaskan bahwa praktik online itu mahasiswa harus menceklis keikutsertaan tuton mata kuliah ini ketika registrasi mata kuliah. Khusus Mahasiswa yang tinggal di daerah 3 T boleh mengambil praktik mandiri (dikoordinir oleh UPBJJ-UT). Praktek Mandiri: mahasiswa mengerjakan soal laboratorium dari prodi. " Sedangkan untuk tutorial werbinar (tuweb)/tutorial tatap muka (TTM), mahasiswa dapat mengikuti tuweb/TTM jika memenuhi kuota per kelas minimal 20 orang tuweb dilaksanakan pada: lms.ut.ac.id.," tandasnya.


Kegiatan sosialisasi mata kuliah berpraktikum diikuti oleh 180 mahasiswa yang mengambil mata kuliah berpraktikum di Universitas Terbuka Surabaya. Kegiatan dilaksanakan secara online yang dikoordinir oleh panitia dari Universitas Terbuka Surabaya. 


Diakhir kegiatan Hana Norhamida, S.E., M.Si selaku dosen prodi akuntansi di Universitas Terbuka Surabaya menyampaikan harapannya kepada mahasiswa, bahwa mahasiswa harus memperbaharui data diri di sistem informasi akademik di laman sia.ut.ac.id karena selama ini banyak informasi yang tidak tersampai langsung kepada mahasiswa, untuk itu diharapkan kepada seluruh mahasiswa untuk mengecek lagi apak no telepon sudah bener. " Dan mahasiswa harus membiasakan untuk selalu membaca informasi seputar perkuliahan baik melalui web ataupun media sosial," pungkasnya.  (Had)

Bagikan:

Komentar