|
Menu Close Menu

Soal Perpanjangan Jabatan Presiden, Surya Paloh Sebut Hanya Wacana Elit Politik

Senin, 28 Februari 2022 | 22.03 WIB

Surya Paloh, Ketua Umum DPP Partai NasDem saat memberikan keterangan pers dalam acara Rapat Koordinasi Pemenangan Pemilu DPW Partai NasDem Jawa Timur di Surabaya. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Surabaya- Ketua Umum DPP Partai NasDem, Surya Paloh ikut angkat bicara terkait isu perpanjangan masa jabatan Presiden RI.


Menurutnya, hal tersebut hanyalah wacana yang dilontarkan para elit politik.


"Saya ingin menegaskan kembali. Nasdem harus mengedepankan kepentingan bangsa. Ketika ingin mementingkan bangsa, maka harus menunjuk konstitusinya. Jika konstitusi mengijinkan, maka Nasdem akan memperjuangkan. Tetapi jika hanya wacana, Nasdem tidak tertarik membahas hal tersebut,” kata Surya Paloh saat menghadiri acara Rapat Koordinasi (Rakor) Pemenangan Pemilu Partai Nasdem Jatim di Surabaya, Senin (28/2/2022).


Surya Paloh menambahkan bila perpanjangan masa jabatan presiden bisa saja  dilaksanakan, saat negara terjadi perang, atau bencana yang tidak bisa diatasi negara.


"Selama negara bisa mengatasi faktor tersebut, tidak perlu ada ada penambahan jabatan. Saya bilang berkali-kali, sayang beribu sayang kalau konstitusi mengizinkan. Tapi kita harus tetap menghormati ide atau usulan mereka," bebernya.


Masih kata Surya Paloh, perpanjangan masa jabatan presiden hanya sekedar wacana dari elit partai politik. Dia melihat, isu itu digulirkan layaknya sekedar 'cek ombak'.


"Masih exercise gak perlu ditanggapi. Sistem negara kita demokrasi yang mana demokrasi super liberal. Kalau baru exercise gini dan lempar-lempar kecil ya Nasdem pahami itu jadi belum tertarik bahas ini secara serius," pungkas Surya Paloh. (Red).

Bagikan:

Komentar