|
Menu Close Menu

Usai Dikukuhkan, Ini Program HPN Surabaya Majukan UMKM

Selasa, 01 Februari 2022 | 16.38 WIB

Alaik S Hadi, Ketua PC HPN Surabaya. (Dok/Istimewa).


Lensajatim.id, Surabaya- Pengurus Cabang (PC) Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN) Surabaya periode 2022-2027 baru saja dikukuhkan oleh Pengurus Pusat di Hotel Wyndham Surabaya, Sabtu (29/1/2022). 


Pengukuhan tersebut berdasarkan Surat Keputusan (SK) No 46.012./SK/PC/HPN/2022 tentang Pembentukan dan Susunan Personalia Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Nahdliyin Kota Surabaya Jawa Timur Periode 2022-2027.


Alaik S Hadi, Ketua PC HPN Kota Surabaya saat berbincang dengan lensajatim.id menyampaikan sejumlah rencana program yang akan dilakukan oleh HPN Kota Surabaya untuk kemajuan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) khususnya yang warga Nahdliyin. " Terget kita UMKM naik kelas," tukas Alaik S Hadi. Senin, (31/01/2022).


Untuk mewujudkan UMKM naik kelas ini, kata Alaik, ada sejumlah rencana program yang akan pihaknya lakukan. Langkah awal pihaknya melakukan pemetaan dan pendataan UMKM. " Makanya kita ini juga keliling dalam rangka itu, untuk memudahkan kita bagi beberapa zona yaitu, Surabaya Tengah, Timur, Barat, Utara dan Selatan," bebernya. 


Setelah itu lanjut pria yang akrab disapa Gus Alaik pihaknya menyiapkan sejumlah program andalan, salah satunya adalah Crowdfunding. Program ini berupa bantuan modal usaha dari funding. " Jadi kita nanti akan mempertemukan antara funding dengan pelaku usaha dari UMKM binaan lewat aplikasi, dan mereka nanti melakukan negosiasi sendiri terkait kebutuhan dan sistemnya seperti apa," ungkapnya. 


Untuk ini sudah ada beberapa pengusaha yang siap untuk menjadi funding dan membantu para pelaku usaha yang tergabung dalam UMKM binaan. " Saat ini sudah ada beberapa pengusaha, ya ada sekitar 10an gitu, Insyallah nanti kalau berjalan juga bisa berkembang," tandasnya. 


Selain itu kata Gus Alaik, program lain adalah berupa pendampingan dalam proses sertifikasi. " Kita akan bantu fasilitasi UMKM dalam pengurusan sertifikasi Halal, BPOM, ISO dan yang lainnya," jelasnya. 



Pihaknya juga akan memberikan pembekalan berupa pelatihan-pelatihan bagi UMKM, kemudian pendampingan dan perluasan pasar. " Untuk pemasaran ini kita nanti kita arahkan dan bantu pemasaran secara online atau marketing digital, sebab sekarang memang sudah eranya," tambahnya. 


Dengan demikian, pihaknya berharap UMKM naik kelas bisa terwujud. " Sebab UMKM ini salah satu ujung tombak dari perekonomian daerah. Bila UMKMnya maju, Insyaallah daerahnya juga maju, dan potensi UMKM yang warga Nahdliyin ini di Surabaya ini besar, makanya harus ada upaya yang serius memberdayakan mereka," pungkasnya. (Had/Red).

Bagikan:

Komentar