|
Menu Close Menu

Bondowoso Deklarasi Menjadi Kabupaten Sholawat Burdah

Selasa, 09 Agustus 2022 | 05.52 WIB

Bupati Bondowoso, KH. Salwa Arifin bersama para Kiai saat deklarasi Bondowoso Menjadi Kabupaten Sholawat Burdah di Alun-Alun Bondowoso. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Bondowoso- Bertepatan dengan datangnya malam yang agung yakni malam 10 Muharram 1444 H, Bupati Bondowoso Salwa Arifin mendeklarasikan Kabupaten Bondowoso sebagai 'Bumi Sholawat Burdah'.


Sejumlah ulama terkemuka seperti Syeh Amar Azmi Arrafati Aljailani Alhasani dari Palestina, dan KH. Azaim Ibrahimy, Sukorejo, menjadi saksi ikrar Bupati dan masyarakat untuk menjadi umat yang gemar bersholawat kepada baginda Nabi Besar Muhammad SAW.


"Dengan mengucapkan bismillah, dengan rida Allah saya canangkan Bondowoso sebagai bumi sholawat burdah," kata Bupati Salwa di hadapan masyarakat yang datang ke Alun-alun Ki Bagus Asra, Senin (8/8/2022).


Pengasuh Pondok Pesantren Mambaul Ulum Tangsil Wetan itu mengungkapkan, sholawat burdah akan digelorakan hingga ke pelosok desa. Bupati Salwa ingin agar masyarakat gemar membaca sholawat mengingat manfaatnya sangat luar biasa. Utamanya sebagai perantara dijauhkan dari wabah Covid-19 yang saat ini masih melanda.


"Supaya kegiatan ini menjadi kegiatan wajib bagi seluruh masyarakat utamanya pemerintah kabupaten hingga pemerintah desa," inginnya.


Dalam kesempatan ini pula, Bupati Salwa mengucapkan selamat tahun baru 1444 Hijriah.     Mengawali 1444 Hijriah Bupati Salwa mengajak masyarakat agar mengisi tahun dengan amal-amal baik dan saling berlomba-lomba menjadi insan yang bisa dibanggakan oleh Nabi Muhammad SAW.


"Mari di tahun baru ini kita mulai aktivitas baik sehingga menjadi isaan yang lebih baik," inginnya.


Pantauan di lokasi, masyarakat Bondowoso dari seluruh unsur lapisan masyarakat datang memadati Alun-alun untuk mengikuti sholawat burdah. Tampak pula jamiyah sholawat diantaranya seperti sholawat Bhening Nusantara, Shekher Mania dan Al-Madinah berebut tempat di barisan depan. 


Sebelum acara puncak pembacaan sholawat burdah, acara diisi dengan ceramah agama dari Syeh Amar Azmi yang diterjemahkan ke bahasa Indonesia oleh KH. Azaim Ibrahimy . Turut hadir sejumlah tokoh agama dari Bondowoso seperti KH. Hasan Abdul Muis, KH. Junaidi Mu'ti dan KH. Imam Barmawi Burhan. Hingga penghujung acara, acara berjalan dengan lancar dan khidmat. (Nang)

Bagikan:

Komentar