|
Menu Close Menu

Universitas Hang Tuah Surabaya Berikan Pelatihan Pengelasan dan Bisnis pada Warga di Desa Kamal

Jumat, 12 Agustus 2022 | 04.08 WIB

Pelatihan Keselamatan pada Nelayan di Desa Kamal oleh Universitas Hang Tuah (UHT) Surabaya. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Bangkalan - Fakultas Vokasi Pelayaran  Universitas Hang Tua (UHT) memberikan pelatihan kepada masyarakat pesisir yang ada  di Desa Kamal, Kecamatan Kamal, Bangkalan Jawa Timur.  Kamis, (11/08/2022).

 

Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka pengabdian kepada masyarakat itu dibagi dalam tiga kelompok. Antara lain,  Penyuluhan Keselamatan Pelayaran bagi Nelayan, Pelatihan Pengelasan kepada masyarakat desa dan Pelatihan bisnis kepada perempuan pesisir.


Dalam kegiatan yang diselenggarakan di Balai Desa Kamal itu, Sugeng Marsudi, MM, ATT-II,  salah satu narasumber pelatihan menyampaikan bahwa kegiatannya  merupakan bagian dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu tanggung jawab seorang pendidik dalam mentransfer, mentransformasikan dan mengaplikasikan ilmu pengetahuan dari dalam kampus kepada masyarakat.


"Kampus kami backgroundnya adalah bidang bahari, jadi harapan kami bisa sharing ilmu dan informasi kepada masyarakat pesisir dan nelayan" ucap Dosen Teknika Teknologi Rekayasa Permesinan Kapal ini. 


Sementara itu, Koordinator Pengabdian Masyarakat UHT, Letkol Budi Priyono, MM berharap lewat kegiatan yang dilaksanakan bisa memberikan semangat untuk membangkitkan kembali perekonomian masyarakat Kamal yang pernah jaya di masanya. 


"Kami berharap Desa Kamal ini bangkit kembali, kita tau Kecamatan Kamal ini pernah besar khususnya dalam perekonomian saat menjadi pintu gerbang utama Pulau Madura. Dengan kegiatan semacam ini besar harapan kami semangat masyarakat tumbuh kembali khususnya dalam bidang ekonomi, sosial dan budaya". Tutur pria yang menjabat sebagai Kepala Pusat Pembinaan Mental Taruna Fakultas Vokasi Pelayaran UHT ini.


Budi melanjutkan, bahwa tenaga pendidik harus memberikan kontribusi positif kepada masyarakat, mengidentifikasi masalah dan memecahkannya serta menggali dan memanfaatkan potensi untuk kemaslahatan masyarakat.


"Kehadiran kami bisa bersama dengan masyarakat disini untuk menggali, menghidupkan dan memanfaatkan potensi yang ada". Ucapnya


Heru Iswiyantoro, Pj Kepala Desa Kamal selaku tuan rumah acara menyampaikan ucapan terimakasih atas adanya kegiatan bagi warganya.


"Kegiatan  seperti ini sangat membantu kepada masyarakat kami. Selain menambah pengetahuan dan keterampilan, masyarakat juga sangat terbantu untuk dapat menggali potensi," Ucap Heru.


Dalam acara ini juga dilakukan penyerahan bantuan kepada Desa dan peserta pelatihan diantaranya peralatan Las listrik, life Jacket dan Sembako. (Red).

Bagikan:

Komentar