|
Menu Close Menu

Ansor Jatim Gelar Akreditasi Serentak Se-Malang Raya

Minggu, 25 September 2022 | 14.15 WIB

Visitasi Akreditasi PAC GP Ansor Se-Malang Raya di Gedung UPT Peningkatan Peningkatan Tenaga Kesejahteraan Sosial Provinsi Jawa Timur. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Kota Malang – Administrasi dapat diartikan sebagai kegiatan penyusunan dan pencatatan data dan informasi secara sistematis dengan tujuan untuk menyediakan keterangan serta memudahkan memperoleh kembali informasi tersebut secara keseluruhan dan dalam satu hubungan satu sama lain. 


Sebagai starting point hal tersebut, Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda Ansor (PW-GP Ansor) Jawa Timur melakukan Visitasi Akreditasi Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Korwil 4 yang meliputi wilayah Malang Raya (Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu).


Acara berlangsung di Gedung UPT Peningkatan Peningkatan Tenaga Kesejahteraan Sosial Provinsi Jawa Timur, Sabtu (24/09/2022) yang dibuka langsung oleh Sekretaris PW-GP Ansor Jawa Timur, M. Hasan Bisri.


Dalam sambutannya, M. Hasan Bisri yang berlangsung di Gedung yang berlokasi di Jalan Panglima Sudirman No. 93 Kota Malang, mengatakan bahwa tertib administrasi harus menjadi kredo bersama para kader Ansor, hal ini karena ini adalah amanat organisasi.


Dihadapan sahabat-sahabat PAC se-Malang Raya, Bisri membakar semangat para kader untuk senantiasa menjaga marwah organisasi salah satunya untuk terus berpikir positif, senantiasa berpikiran optimistik.


“Yakinlah, optimislah selalu Indonesia akan baik-baik saja selama Ansor ini kita jaga, rawat baik-baik. Dalam hal ini salah satu ikhtiar bersama adalah yang kita lakukan hari ini,” ungkap Pakbis, sapaan akrabnya.


Dari pantauan para pimpinan anak cabang GP-Ansor se-Malang Raya mengikuti acara ini dengan antusias. Dihadiri setidaknya oleh Ketua, Sekretaris, Kasatkoryon Banser dan Ketua MDS-RA. Dengan rincian, Kabupaten Malang ada 33 PAC, Kota Malang 5 PAC dan Kota Batu 3 PAC.


Muhammad Sadid Achmad, SHI.,MHI selaku Asesor PW-GP Ansor Jawa Timur yang juga Wakil Sekretaris PW-GP Ansor Jawa Timur ketika dilokasi menuturkan bahwa agenda hari ini adalah agenda penting dalam membersamai sahabat-sahabat PAC se-Malang Raya dalam menilai borang Akreditasi.


“Visitasi Akreditasi PAC se-Jawa Timur secara marathon kita laksanakan, target kami akhir Oktober ini seluruh PAC di Wilayah Jawa Timur semua terakreditasi. Sebelumnya di Sidoarjo, dan hari ini di Malang Raya. Ini ikhtiar bersama untuk tertib administrasi. Dan yang paling penting para pimpinan di tingkat PAC bisa mengukur sejauh mana kinerja organisai yang menjadi amanat dalam PO,” tutur Sadid.


Masih menurut Sadid, perlu reminder bahwa kegiatan visitasi akreditasi ini setidaknya memiliki tiga fungsi strategis. Pertama, mengetahui kelayakan dan kinerja organisasi dengan mengacu pada indikator-indikator yg telah ditentukan secara proporsional, selanjutnya mempertanggungjawabkan kegiatan organisasi dan meningkatkan kualitas dan kinerja organisasi.


“Tiga fungsi akreditasi ini harus kita maknai sebagai kesadaran bersama dalam membedakan kita berorganisai bukan bergerombolan,” pungkas Sadid.


Terkait fungsi akreditasi, salah satu anggota Korwil 4 Wilayah Malang Raya, Abdillah Ubaidi Djawahir menambahkan bahwa ini sebagai bentuk dinamis Ansor sebagai salah satu ormas tertua dalam merespon modernitas organisasi.


“Salah satu bentuk respon tersebut adalah Ansor harus bertransformasi menjadi sebuah organisasi modern, salah satu cirinya adalah memiliki fungsi manajerial,” ungkap Abdillah yang juga Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unira Malang ini.


Abdillah menambahkan bahwa fungsi manajerial ini membutuhkan perencanaan, pengorganisasian, pengukuran, dan pemotivasian sebagai rangkaian siklikal yang sistematis dan berkelanjutan.


“Pengamatan kami, sahabat-sahabat di tingkatan PAC se-Malang Raya sudah mengarah kesana. Kapasitas dinamis menuju organisasi modern sudah dilakukan. Hanya saja, dalam dokumentasi proses demi proses tersebut harus terus ditingkatkan, termasuk pemanfaatan teknologi informasi sehingga tidak banyak membutuhkan ruang arsip konvensional yang berbasis kertas sudah dilakukan, sudah mengarah paperless," puji Abdillah.


Dalam kegiatan juga dihadiri Hikmah Bafaqih, M.PD anggota DPRD Jawa Timur, H. Nur Ahmad Junaidi anggota Korwil 4, H. Ahmad Farih Sulaiman Ketua PC Kota Malang, Fatkhurrozi Ketua PC Kabupaten Malang, Zainal Musthofa Ketua PC Kota Batu, para Sekretaris PC, asesor PW-Ansor Jawa Timur, Nurzaini, Mahrus, Zaenuri, Khaniful, Nafiq dan Sulaiman. (Red).

Bagikan:

Komentar