|
Menu Close Menu

G25 Indonesia Gelar Kegiatan Evaluasi Tahunan dan Launching Program Lanjutan Pemberdayaan

Minggu, 29 Januari 2023 | 21.21 WIB

Kegiatan Evaluasi Tahunan dan Launching Program Lanjutan Pemberdayaan Masyarakat yang digelar oleh G25 Indonesia di Gedung PKPN Kabupaten Bangkalan. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Bangkalan- Yayasan Gerakan Dua Lima Indonesia atau G25 Indonesia menggelar kegiatan Evaluasi Tahunan dan Launching Program Lanjutan Pemberdayaan Masyarakat di Gedung PKPN Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.  Minggu (29/1/2023).


Program lanjutan yang di launching dalam acara tersebut adalah program pinjaman bunga nol persen kepada pemetik manfaat yang sebelumnya sudah pernah mendapatkan bantuan modal usaha dari G25 Indonesia.  


"Pemetik Manfaat yang sebelumnya dibantu barang untuk usaha dan saat ini mereka sudah mulai berdaya, sekarang untuk pengembangan usaha kita berikan suntikan modal dengan pinjaman bunga nol persen," tandas Dasuki Rahmad, Ketua G25 Indonesia. 


Dasuki Rahmad, Ketua G25 Indonesia saat menyerahkan secara simbolis program pinjaman bunga 0 % yang baru di Launching oleh G25 Indonesia. (Dok/Istimewa).


Selain launching, dalam kegiatan yang mengambil tema  "Mobilisasi Sumber Daya Sebagai Wujud Gerakan Berkelanjutan Program Pemberdayaan Pemetik Manfaat G25INDONESIA", juga dilanjutkan dengan  Talk Show yang menghadirkan beberapa narasumber, antara lain :


Nuzullah Qurfianto dari Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Bangkalan dengan materi Pengembangan Usaha Berbasis Koperasi., Fathor, AS., Dosen Fakultas Ekonomi UTM dengan materi Manajemen Keuangan dan Branding Usaha., Edi Susilo, Praktisi Usaha dengan materi Potensi Sumber Daya dan Mobilisasi., Abd. Adjis, Motivator Pemberdayaan dengan materi Pembangunan Mental dan Kewirausahaan.


Dasuki menambahkan bahwa forum tersebut dibuat untuk menyusun kerangka konsep pendampingan dengan tujuan menemukan metode yang lebih baik, bukan hanya pola pendampingan kepada Pemetik Manfaat, namun juga penguatan internal organisasi.


"Dua tujuan besar dari forum ini, yang pertama menemukan konsep pemberdayaan internal dan yang kedua adalah membakukan serta menyempurnakan konsep metodologi itu untuk pendampingan yang lebih tepat dan lebih baik," ucap Dasuki.


Kegiatan yang berlangsung dari pagi hingga siang, dihadiri oleh perwakilan pemetik manfaat. Selain itu hadir juga dalam kegiatan tersebut  masyarakat Bangkalan, donatur, aktivis, OKP, serta Mahasiswa dari beberapa kampus di Bangkalan, diantaranya :


Dr. H. Muh. Syarif, Ketua Dewan Pembina G25 Indonesia, Dr. Safi', Rektor Universitas Trunojoyo Madura, Fajar Hidayatullah, M.Pd, Ketua STKIP PGRI Bangkalan, Moch. Fauzan Ja'far, Ketua umum KONI Bangkalan, Zainal Arifin, Ketua KPU Bangkalan, Ahmad Mustain Saleh, Ketua Bawaslu Bangkalan serta beberapa OKP Kemahasiswaan.


Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak juga menyampaikan sambutannya secara online (lewat video). Emil menyampaikan permohonan maaf tidak bisa hadir secara langsung dan harapan kepada G25 Indonesia terkait pemberdayaan usaha kecil. 


Sekedar diketahui, selama ini G25 Indonesia memiliki 3 Fokus program, yaitu  bantuan pemberdayaan ekonomi super mikro, Program Bantuan pemberdayaan pendidikan dan Program bantuan Special social charity. (Fiq/Red).

Bagikan:

Komentar