|
Menu Close Menu

Survei PSI : Masyarakat Ingin Airlangga Jadi Capres 2024

Sabtu, 14 Januari 2023 | 13.34 WIB

Foto: doc.lensajatim.id


lensajatim.id, JAKARTA - Panel Survei Indonesia (PSI) kembali melakukan survei tentang suara politik masyarakat. Hasilnya, ketua umum Partai Golkar Airlangga Hartanto menjadi tokoh yang paling diinginkan masyarakat untuk maju sebagai Calon Presiden (Capres) 2024 mendatang.


Hasil Survei PSI menunjukan kriteria Capres sebagai pengganti Jokowi dari jawaban 1988 responden maka kriteria capres 2024 yang diinginkan oleh Publik  sebanyak 92,8 sosok yang mau bekerja keras dan sebanyak 90,7 persen menginginkan Capres yang mempunyai jiwa leadership dan kepemimpinan yang kuat, dan sebanyak 93,7 persen punya rekam jejak yang kinerjanya sudah dirasakan masyarakat Indonesia, dan sebanyak 95,7 persen publik menginginkan Capres yang selalu berpihak pada kepentingan rakyat.


Direktur Eksekutif PSI Ahmad Loksukon mengatakan, teknik pengumpulan data survei  dilakukan dengan wawancara melalui tatap muka dan  sambungan telepon seluler dan secara langsung di 34  ibu kota Provinsi di Indonesia.


Selanjutnya, kata Ahmad survei dilakukan dengan metodologi, teknik penetapan sampel adalah probability sampling dengan cara Multi Stage Random Sampling dengan jumlah responden 1988 orang.


"Demographi Responden dalam penelitian ini Generasi Z sebanyak 17,8 persen yang berada di usia produktif, yaitu milenial sebanyak  37,9 persen dan Generasi X sebanyak 32,9 persen. Sementara Generasi Pre Boomer sebanyak  11,4 persen," kata Ahmad kepada wartawan,  Jumat (13/1/2023).


Dalam survei ini, dilakukan pengukuran pengaruh kebijakan dan program para tokoh tersebut terhadap kehidupan masyarakat selama pejabat tersebut menjabat. Hasilnya, Airlangga Hartarto dinilai sebagai Tokoh Bakal Capres yang kebijakannya dan programnya banyak membantu masyarakat disaat masyarakat kesulitan ekonomi keluarga akibat dampak Covid 19.


Nama tokoh tersebut di uji preferensi publik terhadap pilihan masyarakat, jika pilpres digelar hari ini dengan tokoh mana yang akan dipilih dengan pertanyaan tertutup ,maka hasilnya nama Airlangga Hartarto dipilih oleh 29,2 persen responden , kemudian diurutan kedua nama Prabowo Subianto dipilih sebanyak 21,00 persen responden , Kemudian Andika Perkasa dipilih sebanyak 12,7 persen responden dan Ganjar Pranowo dipilih oleh sebanyak 7,1 persen responden, Anies Baswedan dipilih oleh sebanyak 5,2 persen responden, lalu Puan Maharani dipilih oleh sebanyak 4,1 persen responden dan Muhaimin Iskandar dipilih oleh sebanyak 1,6 persen responden dan yang tidak memilih sebanyak 21,1 persen responden.


Menanggapi hasil survei Panel Survei Indonesia ( PSI) terkait  suara masyarakat terhadap pemilihan presiden (Pilpres) 2024 Pakar Komunikasi Politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing setuju dengan hasil survei PSI yang mengunggulkan Airlangga Hartarto sebagai capres 2024.


Emrus menilai Airlangga Hartarto merupakan sosok yang tepat untuk menjadi presiden 2024.Karena Airlangga telah membuktikan kinerjanya dalam mengatasi perekonomian Indonesia.


"Saya setuju hasil survei PSI, Airlangga sosok yang tepat menjadi presiden 2024. Lewat kerjanya telah ditunjukkan dalam mengatasi perekonomian di masa pandemi Covid-19, " kata Emrus kepada wartawan, Jumat (13/1/2023).


Selain itu, kata Emrus, Airlangga telah menjadi lokomotif perekonomian di Indonesia. Bahkan telah memperlihatkan hasil yang sangat baik bagi peningkatan perekonomian .


"Airlangga sebagai lokomotif perekonomian Indonesia, bahkan sudah menjadikan perekonomian terus meningkat," ujarnya. (Redaksi)

Bagikan:

Komentar